Mohon tunggu...
Mr. Santuso
Mr. Santuso Mohon Tunggu... penulis di mistertuso.blogspot.com | pengajar bahasa Indonesia

✔️Blog Berbagi Inspirasi dan Informasi ✔️Penulis, Linguis, Jurnalis, Aktivis, dan Pengajar Ideologis

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

5 Fakta Unik Seputar Kosa Kata Bahasa Madura

15 Agustus 2020   15:51 Diperbarui: 31 Agustus 2020   13:12 128 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Fakta Unik Seputar Kosa Kata Bahasa Madura
ilmusosial.id

Jika membahas seputar suku Madura, tentunya kita akan mengenal keunikan atau karakteristik masyarakat dan budaya yang berlaku di suku ini. Keunikan masyarakat suku Madura itu sudah pernah saya bahas di blog ini. Selain keunikan itu, ternyata ada lagi keunikannya yang berasal dari bahasa daerah yang mereka gunakan. Berikut ini 5 fakta unik seputar kosa kata bahasa Madura.

1) Kata "Virus"

Dalam bahasa Madura, kata virus (dibaca: pirus) adalah kata yang memiliki satu pengertian saja. Oleh sebab itu, saat Anda membahas virus (misalkan: virus corona) dengan orang Madura, Anda perlu cek dulu, apakah mitra bicara Anda ini menguasai bahasa Indonesia atau tidak. Jika orang yang Anda ajak bicara itu orang Madura tulen, bisa jadi apa yang dia pahami tentang kata virus berbeda dengan apa yang Anda pahami. Sebab, dalam bahasa Madura, kata virus hanya berarti 'suatu penyakit yang menimpa pohon pisang, sehingga membuat buah pisang menguning dan tidak dapat dikonsumsi.'

2) Kata "Kuman"

Selain kata virus, ada juga kata kuman yang juga hanya memiliki pengertian tunggal. Dalam bahasa Madura, kata kuman berarti 'kutu yang ada di tempat ayam mengerami telur-telurnya.' Jadi, jika Anda sedang membahas kuman, Anda perlu cek juga ya pemahaman mitra bicara Anda. Bisa jadi, Anda membahas kuman yang berarti 'bakteri yang membuat gatal', namun orang Madura yang Anda ajak bicara mengartikannya sebagai kutu. Hehehe

3) Kata Ucapan Selamat

Dalam bahasa Madura, Anda tidak akan pernah menemukan kata ucapan selamat, seperti  selamat datang, selamat pagi, selamat malam, selamat hari raya, dan selamat-selamat yang lain. Kata itu hanya dipakai untuk nama orang yaitu selamet. Sejauh yang penulis ketahui, orang Madura ini adalah orang yang to the point. Itulah sebabnya mereka tidak mengenal kata basa-basi dengan mengucapkan kata selamat ya. Meski demikian, mereka mengucapkan salam (assalamu'alaikum) jika bertemu atau bertamu.

4) Memiliki Kata-Kata yang Hampir Mirip Beda Arti

Bahasa Madura memiliki 6 vokal, 31 konsonan, 3 diftong, dan 8 kluster. Konsonan dalam bahasa Madura lebih banyak dibandingkan bahasa daerah lainnya. Itulah sebabnya bahasa Madura memiliki kata-kata yang terdengar hampir mirip namun jika salah menyebut satu unsur konsonan saja maka akan berbeda arti. Contohnya adalah kata "ada, wadah, bedak, robek" dalam bahasa Madura terdengar hampir mirip yaitu "Bedeh bheddenah bedde' beddhe". Selain itu, terdapat kata-kata mirip lainnya yang tentunya beda arti/makna.

5) Ber-homofon dengan Bahasa Lainnya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN