Mohon tunggu...
Stress Management Indonesia
Stress Management Indonesia Mohon Tunggu... Wiraswasta - Mental Health Company

Neuroscience, Holistic, and Humanistic solution centre with the healthy start from home based programme. HappySelf by Stress Management Indonesia: https://www.kompasiana.com/happyself

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Depresi pada Penderita AIDS: Ayo Kenali dan Cegah Bersama! | Written by Nanda

2 Desember 2022   12:05 Diperbarui: 6 Januari 2023   11:07 56
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Image by Alex Green from Pexels

Hari AIDS jatuh pada tanggal 1 bulan Desember ini. Memperingati hari AIDS dapat membantu khalayak umum untuk mempelajari AIDS dan menyebarkan kesadaran terhadap HIV dan AIDS. Namun begitu, masih banyak orang yang memiliki stigma terhadap pengidap AIDS. Orang-orang tidak sadar bahwa pengidap AIDS hanyalah manusia biasa seperti mereka. Layaknya stigma-stigma terhadap suatu hal, stigma terhadap pengidap AIDS harus diberantas. Bila dibiarkan, stigma dapat mempengaruhi kesehatan mental para pengidap AIDS dan menyebabkan depresi

Mengidap penyakit berat bisa mempengaruhi kesehatan mental Anda. Depresi seringkali menghantui para pengidap penyakit berat, termasuk AIDS. Tidak banyak orang menyadari bahwa kesehatan mental dapat mempengaruhi kesehatan fisik Anda juga. Contohnya, terlalu sering cemas bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Maka dari itu, kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik Anda. Berikut ini tips-tips untuk menjaga kesehatan mental Anda bila Anda mengidap depresi:

  • Kenali Tipe Depresi Anda

Anda perlu mengenali tipe depresi Anda supaya Anda bisa mengatasinya dengan lebih mudah. Penelitian menunjukkan bahwa ada 7 pola otak yang terkait dengan kecemasan dan depresi, dua kondisi terkait yang terjadi bersamaan sebanyak 75%. Beda jenis, beda juga area otak yang diaktifkan.

Stress Management Indonesia dapat membantu Anda untuk observasi pola otak Anda. Stress Management Indonesia memiliki Brain Health Assessment yang dapat membantu Anda menentukan tipe Anda.

  • Hilangkan ANT

Pikiran negatif yang muncul secara otomatis di pikiran Anda dikenal juga dengan singkatan ANT (Automatic Negative Thoughts). ANT sering muncul secara acak dan tanpa sepengetahuan Anda saat Anda mengalami depresi. Seringkali, Anda merasa terlepas dari kenyataan dan tanpa sadar ANT akan mempengaruhi hormon-hormon di dalam otak Anda. Langkah-langkah berikut dapat membantu Anda meringankan ANT: 

1. Perhatikan apa yang dikatakan pikiran Anda. Perhatikan ketika Anda memiliki ANT dan tuliskan, terutama yang paling diingat.

2. Identifikasi ANT. Mereka adalah pikiran negatif

3. Tanyakan pemikiran Anda. Apakah yang Anda pikirkan itu benar? Apakah Anda 100% yakin itu benar?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun