Mohon tunggu...
Hiburan

Berkenalan dengan Joni dan Susi

31 Mei 2016   18:25 Diperbarui: 31 Mei 2016   18:38 80 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berkenalan dengan Joni dan Susi
diambil dari https://web.facebook.com/melancholicb1tch/photos/a.438587188261.231669.17023093261/10150168911508262/?type=3&theater

INTRO

Balada Joni dan Susi merupakan album penuh kedua yang dibuat oleh sebuah band dari pinggiran Yogyakarta yang terbentuk akhir 90-an dan diberi nama “Melancholic Bitch”. Melancholic Bitch adalah Ugoran Prasad (vokal), Yosef Herman Susilo (gitar), Yennu Ariendra (gitar,synth), Teguh Hari (bass) dan Septian Dwirima (drum). Melancholic Bitch merilis Balada Joni dan Susi pada tahun 2009 dibawah naungan label Dialectic Recordings dan distibusikan oleh Demajors. Album Balada Joni dan Susi berisikan 12 tracks dengan total durasi 47 menit 9 detik diawali track berjudul intro dan diakhiri dengan track berjudul outro. Materi lirik dalam album Balada Joni dan Susi keseluruhannya ditulis oleh sang vokalis yaitu Ugoran Prasad. Lirik dalam album Balada Joni dan Susi yang secara keseluruhannya menceritakan kisah cinta antara Joni dan Susi dengan segala pertentangan diantara keduanya ditulis dengan cerdasnya oleh seorang Ugoran Prasad.

BALADA JONI DAN SUSI

201605301233391000-574d730e02b0bd1e07d9e001.jpg
201605301233391000-574d730e02b0bd1e07d9e001.jpg

Balada Joni dan Susi dirilis dalam format compact-disc (cd) pada tahun 2009. Balada Joni dan Susi merupakan hasil produksi bersama antara Melancholic Bitch dan Dialectic Record, dengan bantuan Brain Manfacture, Kuaetnika, Teater Garasi, Omuniuum.net dan Kongsi Jahat Syndicate. Balada Joni dan Susi memiliki ukuran 14cm x 12,5cm (panjang x lebar). 

Cover Balada Joni dan Susi  menggambarkan sebuah jalan aspal lurus yang dipisahkan dengan sebuah separator tepat ditengahnya secara vertikal dan dibubuhi tulisan “MELANCHOLIC BITCH” dan “BALADA JONI DAN SUSI” yang disusun secara horizontal diatas obyek persegi panjang berwarna putih yang membentang menimpal jalan lurus beraspal yang dipisahkan dengan sebuah separator tersebut. Cover Balada Joni dan Susi dirancang dengan menggunakan teknik fotografi untuk background ( jalan aspal dan separator) dengan tambahan obyek putih persegi panjang horizontal bertuliskan “MELANCHOLIC BITCH” dan “BALADA JONI DAN SUSI” yang diolah secara grafis.

FOTOGRAFI

Dapat dilihat bahwa cover album Balada Joni dan Susi karya Melancholic Bitch digarap  menggunakan teknik fotografi yang dirancang sedemikian rupa untuk merepresentasikan isi dari album tersebut. Fotografi merupakan suatu teknik atau proses produksi gambar dengan cara merekam pantulan cahaya pada media yang peka terhadap cahaya. Fotografi berasal dari kata dalam bahasa Yunani yaitu “photos” yang memiliki arti cahaya serta “graphos” yang berarti gambar. Fotografi mulai dikembangkan pada tahun 1826 oleh Joseph Niepce. Fotografi terus mengalami perkembangan yang pesat hingga saat ini. Fotografi terus berkembang karena memiliki beberapa kelebihan, yaitu fotografi dapat menangkap momen dengan cepat dan mengabadikannya dalam bentuk foto.

MAKNA DALAM COVER MELANCHOLIC BITCH – BALADA JONI DAN SUSI

Album Balada Joni dan Susi karya Melancholic Bitch secara umum berisi tentang cerita sepasang kekasih yang bernama Joni yang berumur 21tahun dan Susi yang berumur 19tahun dengan berbagai konflik yang ada di antara mereka. Cerita-cerita tersebut disampaikan dengan lirik-lirik cerdas dan epic yang ditulis oleh Ugoran Prasad yang merupakan vokalis dari Melancholic Bitch.

Cover album Balada Joni dan Susi menampilkan sebuah jalan beraspal yang dipisahkan sebuah separator ditengahnya. Cover album Balada Joni dan Susi menunjukkan isi album secara umum, foto jalan beraspal yang ada dalam cover Balada Joni dan Susi dapat diartikan sebagai perjalanan dari kisah cinta Joni dan Susi yang begitu keras. Kemudian ditengah jalan beraspal tersebut ada sebuah separator yang memisahkan antara jalan bagian kanan dan kiri menyampaikan pesan bahwa dalam cerita perjalanan Joni dan Susi dipisahkan oleh konflik yang berat dan pelik. 

Selain itu foto jalan beserta separator tersebut menggambarkan suasana urban yang merupakan latar belakang dimana cerita perjalanan yang dilalui oleh Joni dan Susi, seperti yang nampak dalam penggalan lirik dari lagu yang berjudul Propaganda Dinding yang ada dalam album Balada Joni dan Susi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x