Mohon tunggu...
StratX KG Media
StratX KG Media Mohon Tunggu... Konsultan - stratx.id

Perusahaan riset dan konsultansi marketing. Berbagi konten mengenai data, temuan, dan riset untuk kembangkan brand dari perspektif manusia dan kultur Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Pandemi Membuat Masyarakat Bisa Cuan dari Hobi

9 November 2021   10:05 Diperbarui: 9 November 2021   10:17 96 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Melakoni hobi di sela-sela kesibukan adalah hiburan yang bisa mengobati perasaan seseorang yang sedang terjebak di titik jenuhnya. Bisa dikatakan menyalurkan sebagian energi ke hobi adalah usaha untuk bisa tetap waras.

Terlebih di kondisi pandemi seperti ini. Sudah berjalan hampir tiga tahun, belum ada perubahan yang begitu signifikan di Indonesia terkait segala pembatasan yang diterapkan karena pandemi. Misalnya, masih ada pegawai kantoran yang tetap menjalani kewajibannya dari rumah.

WFH atau work from home jadi rutinitas sebagian orang, di mana alih-alih bisa fokus dengan pekerjaan, tapi terkadang malah multitasking yang tidak karuan. Alhasil, terkadang pekerjaan juga terbengkalai.

Hal ini biasanya terjadi karena titik jenuh seseorang sudah klimaks. Oleh karena itu, salah satu solusi yang bisa diambil adalah melakoni hobi. Mendapat hiburan sesaat yang berharap bisa menyegarkan pikiran.

Salah satu hobi yang menarik untuk mendapatkan spotlight adalah memasak. Memasak di dapur sekarang ini tidak hanya untuk perempuan saja, tapi laki-laki. Lebih menariknya lagi, hobi ini tidak hanya sekedar untuk menghibur diri, tapi ternyata bisa juga mendatangkan cuan.

Namun, apakah pandemi yang memaksa mereka melakoni hobi memasak demi mendapatkan penghasilan tambahan?

Untuk menjawab hal tersebut, StratX KG Media melakukan survey online dan mendapatkan 1.428 audiens KG Media. Dari survey yang sudah dilakukan, ditemukan berbagai insight yang menarik untuk ditelaah lebih dalam.

Berbagai insight menarik ini tentu bisa jadi catatan tersendiri untuk brand sebelum menentukan langkah strategis seperti apa dalam usahanya mendekatkan diri dengan target audience.

Apa yang Mereka Bisa Gambarkan 

Dari Hobi Memasak?

Mayoritas dari audiens yang mengikuti survey online ini memang menjawab bahwa memasak adalah hobi untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Akan tetapi, menariknya adalah 16,8% dari seluruh audiens menyatakan bahwa memasak adalah hobi atau kegiatan yang bisa menjadi sumber penghasilan tambahan.

Mengetahui hobi ini bisa menjadi sumber penghasilan tambahan, mayoritas audiens KG Media juga menyatakan bahwa intensitas mereka untuk memasak bisa setiap hari. Karena intensitas yang tinggi tersebut, mereka juga sering mencari referensi sebelum memasak.

Sumber referensi memasak yang mayoritas audiens KG Media bisa andalkan adalah internet. Berbagai platform mereka kunjungi, terlebih platform video seperti Youtube. Menyusul setelah Youtube adalah Facebook dan Instagram. Kedua platform sosial media tersebut ternyata juga jadi salah satu sumber audiens KG Media dalam mencari referensi memasak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan