Mohon tunggu...
STP Khoiru Ummah Jember
STP Khoiru Ummah Jember Mohon Tunggu...

STP Khoiru Ummah sebagai representasi institusi pendidikan berbasis aqidah Islam, yang terdepan dalam melahirkan generasi pemimpin pembangun peradaban mulia (Islam)

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Diklat Parenting 1, Sinergikan Peran Sekolah dan Wali Murid

27 Maret 2019   22:01 Diperbarui: 27 Maret 2019   22:06 46 1 0 Mohon Tunggu...

STP Khoiru Ummah Jember menggelar diklat parenting 1 selama dua hari penuh, Sabtu-Ahad (23-24/3/2019) di Green Hill Hotel, Rembangan, Jember. Pendidikan dan pelatihan yang mengangkat tajuk "Kualitas Pendidikan Generasi, Kunci Sukses Mewujudkan Umat Terbaik" itu dihadiri oleh 98 wali murid dan calon wali murid.

Diklat 1 merupakan agenda yang wajib diikuti oleh wali murid Khoiru Ummah. Ketua panitia, Mia Ummu Kayyis menuturkan, diklat 1 bertujuan untuk menyamakan kerangka berpikir antara pihak sekolah dan wali murid.

"Tujuannya adalah untuk menyamakan paradigma pendidikan anak, baik di sekolah maupun di sekolah," kata Mia.

Dia menjelaskan, waktu siswa lebih banyak di rumah daripada di sekolah. "Maka bukan hanya sekolah yang menjadi penopang untuk mendidik mereka, tapi juga orang tua di rumah. Oleh karenanya orang tua wajib mengikuti (diklat)," paparnya.

Harapan setelah ikut diklat itu, lanjut Mia, orang tua mampu bersinergi dengan pihak sekolah untuk mencapai keluaran (output) seperti yang telah dicanangkan oleh Khoiru Ummah.

Waka kurikulum itu juga menuturkan, materi diklat pada hari pertama ialah konsep dasar pendidikan dalam Islam dan strategi pendidikan di dalam Islam. "Jadi dua materi ini menjadi materi dasar dalam pendidikan anak," ungkapnya. Materi selanjutnya yaitu mengenal potensi anak.

Pada hari kedua, materi yang disampaikan ialah memahami kurikulum Khoiru Ummah. Adapun pemateri diklat ini ialah tim trainer Khoiru Ummah Pusat, yaitu Dr. A. A. Handaka Suryana, S.Pi., M.T., dan Lia Fakhriyah, S.P.

Di samping itu, ketua Yayasan Khoiru Ummah Jember, Gadinia Bunga menjelaskan, diklat 1 dilaksanakan setiap dua tahun sekali dan telah tiga kali terlaksana di Jember. "Diklat tahun ini dilaksanakan di hotel, suasana lebih kondusif. Diharapkan ilmu yang disampaikan (pemateri) bisa terserap maksimal oleh peserta," kata dia.

 Bunga menambahkan, diklat ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada orang tua tentang pendidikan terbaik yang akan menghasilkan generasi terbaik. "(Generasi tersebut) yaitu generasi yang berkepribadian Islam, faqih fiddin, terdepan dalam saintek, dan berjiwa pemimpin," pungkasnya.

***

Reportase ini telah dimuat di surat kabar harian SURYA edisi Rabu, 27/03/2019 halaman 10

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x