Mohon tunggu...
Steven Tanaka
Steven Tanaka Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seorang Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tugas Pasca Hominisasi

3 Oktober 2022   23:40 Diperbarui: 3 Oktober 2022   23:44 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

   Perkenalkan nama saya Steven Tanaka dari fakultas Teknologi Industri jurusan Teknik Industri. Pada kesempatan kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya selama mengikuti hominisasi yang diadakan pada Sabtu, 1 Oktober 2022. Sebelum saya mengikuti hominisasi, saya mengerjakan tugas yang diberikan oleh panitia, pada saat itu saya sangat bersemangat untuk mengerjakan tugas tersebut, karena dengan tugas tersebut saya bisa mendapatkan pelajaran tentang budaya Indonesia dan juga saya dapat mengikuti hominisasi, karena salah satu syarat untuk mengikuti hominisasi adalah sudah menyelesaikan tugas tersebut. Pada saat hari hominisasi, saya melakukan banyak sekali aktifitas didalamnya, terutama mempelajari tentang budaya Indonesia, bermain games, dan juga berdiskusi dalam kelompok serta mempresentasikan hasil diskusi tersebut.

   Selain dari kegiatan yang saya lakukan, saya juga mendapatkan banyak sekali pengalaman dari kegiatan hominsasi tersebut. Dengan hominisasi saya dapat berbaur dan juga mengenal orang-orang baru, yang tentunya berbeda jurusan dengan saya, selain itu juga saya belajar bagaimana untuk mengatur waktu, sehingga dapat menggunakan waktu tersebut dengan seefisien mungkin. Pengalaman lain yang saya dapatkan adalah mempelajari untuk dapat menyesuaikan diri disaat berbicara didepan umum dan bahasa dalam cara penyampaian saat berbicara didepan umum. Pengalaman tersebut sangat berkesan bagi saya, karena dengan mengikuti hominisasi saya benar-benar mendapatkan pembelajaran untuk kehidupan sehari-hari saya sebagai mahasiswa.

   Setelah saya mengikuti kegiatan hominisasi ini, pemikiran saya menjadi lebih terbuka terhadap penggunaan logika dan juga bahasa yang baik dan benar. Hal tersebut ternyata sangat berdampak bagi kehidupan kita baik sebagai mahasiswa maupun sebagai anak remaja pada jaman sekarang ini, karena dengan kedua hal tersebut kita dapat mengubah pola pikir kita menjadi lebih dewasa. Dengan kita menggunakan logika, maka segala kegiatan yang kita lakukan dapat berjalan dengan baik dan juga sesuai norma, sehingga tidak melanggar aturan yang berlaku dan juga dengan logika kita dapat membedakan antara hal yang seharusnya untuk dilakukan dan hal yang tidak sepantasnya untuk kita lakukan. Selain itu juga, bahasa sangatlah berpengaruh dalam kehidupan kita, karena dengan bahasa kita dapat menunjukan identitas diri kita, contohnya apabila kita memiliki tutur kata yang baik dan benar, maka orang lain akan mengenal diri kita sebagai pribadi yang baik juga, sebaliknya apabila kita memiliki tutur kata yang kurang pantas, maka orang lain akan menganggap sikap diri kita sesuai dengan tutur kata yang kita ucapkan.

   Melihat dari semua hal tersebut, saya juga merasakan banyak sekali manfaat dalam kehidupan saya setelah mengikuti kegiatan hominisasi. Manfaat yang saya dapatkan adalah menambah wawasan tentang budaya dan sejarah Indonesia, selain itu saya juga mempelajari bagaimana cara untuk berbaur, dan juga berdiskusi dalam kelompok serta mengatur waktu, sehingga waktu tersebut dapat kita pakai secara efisien. Manfaat yang sangat saya rasakan adalah saya mempelajari bagaimana cara untuk dapat berbicara didepan banyak orang, namun dengan penyesuaian diri yang dilengkapi dengan tutur kata yang baik dan benar serta mudah dimengerti oleh orang banyak. Melihat dari segala manfaat tersebut, saya juga akan menerapkan sifat-sifat tersebut dalam perjalanan saya selama berkuliah di UNPAR, dengan cara menunjukan kemampuan untuk berbicara dengan tutur kata yang baik dan benar kepada semua orang, baik kepada orang yang lebih tua maupun yang lebih muda. Saya juga akan  meningkatkan kemampuan berpikir dan berbahasa saya sebagai warga negara dengan cara mengikuti mata kuliah umum logika, bahasa Indonesia, dan juga PPKN, selain itu juga saya akan membiasakan diri untuk selalu memiliki sikap ingin belajar tentang hal-hal tersebut, sehingga wawasan saya akan semakin betambah untuk hal-hal tersebut.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun