Mohon tunggu...
Steven Sutanto
Steven Sutanto Mohon Tunggu... Freelancer - Blogger berita fiktif bernuansa komedi, tapi tidak menutup kemungkinan menulis artikel lain.

Disclaimer/diskleimer: Berita yang saya tuliskan di sini bersifat fiktif, artinya nama tokoh, tempat kejadian, merk-merk yang ditulis saya usahakan sefiktif mungkin. Saya mohon maaf dan memperbaiki artikel jika ditemukan kesamaan dengan nama-nama di dunia nyata (IRL). Mohon maaf jika berita komedi yang saya tulis garing ga jelas. Tidak ada jaminan berita komedi saya bakal dipersepsikan lucu oleh setiap pembaca di Kompasiana.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Setor Tunai Tanpa Kartu, Bisakah?

18 November 2019   15:23 Diperbarui: 18 November 2019   15:31 53
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Judul artikel ini secara instan (bahkan lebih instan daripada membuat mi instan) menjadi pertanyaan di benakku ketika membaca laman ini. Saya heran begitu membaca informasi bahwa pengguna m-BCA bisa melakukan Setor Tunai dan Transaksi Cabang tanpa kartu, selain Tarik Tunai tanpa kartu yang sudah beberapa kali saya lakukan. (SFX: What?!) Seketika itu juga saya merasa katrok dan inferior, namun penasaran. Tapi, demi memuaskan rasa penasaran sekaligus mengenyahkan perasaan katrok dan inferior tersebut (ini salah satu langkah menjadi bagian dari #GenerasiSimpel), saya nekat mencoba salah satu fitur cardless dari BCA, yaitu Setor Tunai Tanpa Kartu.

Saya pergi ke ATM BCA yang berlokasi di salah satu universitas swasta di Bandung. Mesin ATM yang terpasang di sana merupakan tipe setor-tarik, sehingga saya rasa ideal untuk menjajal salah satu fitur yang saya pikir revolusioner (mungkin kata ini terlalu berlebihan) di Indonesia. Saya melakukan cara-cara berikut:

A. m-BCA (pastikan sudah memiliki rekening BCA dan teregistrasi di m-BCA)

1. Membuka app m-BCA dan login dengan PIN m-BCA saya.

2. Memilih menu "Cardless", kemudian memencet "Setor Tunai".

3. Memilih "Rekening Sendiri" karena saya ingin mencoba setor tunai ke rekening sendiri.

4. Memilih "OK" pada konfirmasi Setor Tunai yang muncul.

5. Memasukkan PIN m-BCA.

6. Memperoleh kode transaksi yang berupa 6 digit PIN sekali pakai (saya sebut "One-time PIN"). Ada jatuh temponya, dan jangan beri tahu One-time PIN kepada siapa pun!

B. Transaksi di ATM (harus dilakukan sebelum jatuh tempo)

1. Memasukkan kartu, ehem, maaf, saya setor tunai tanpa kartu, kan. Memencet "TRANSAKSI TANPA KARTU".

2. Memasukkan nomor handphone yang teregistrasi di m-BCA, lalu menekan "BENAR".

3. Memasukkan 6 digit One-time PIN yang sudah didapat di app.

4. Memasukkan uang tunai (support pecahan Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu).

5. Mengonfirmasi setor tunai dengan menekan tulisan "SETOR".

6. Mengakhiri transaksi dengan memencet "TIDAK".

7. Laman "TERIMA KASIH" muncul, berarti sudah selesai.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

C. Mengecek app m-BCA sekali lagi, untuk memastikan konfirmasi transaksi sukses muncul. Sebenarnya histori transaksi bisa dicek di app m-BCA, yaitu Cardless ➡️ Inbox, semua transaksi Cardless tersimpan di sana.

Saya ulas sebisa saya ya. Fitur Setor Tunai ini memudahkan saya dan nasabah BCA yang akan menyetor tunai ke ATM BCA terdekat tanpa perlu memasukkan kartu, yang akan membahagiakan nasabah yang khawatir kartunya dibaca oleh skimmer di ATM (kasus yang marak beberapa tahun lalu) dan juga nasabah yang lupa membawa kartu BCAnya di dompetnya. Tetapi nasabah BCA akan sangat dimudahkan dengan cara ini karena tidak perlu merogoh dompet terlebih dahulu sehingga bisa menghemat waktu beberapa detik. Keamanan lebih terjamin karena menggunakan One-time PIN yang memiliki batas waktu dan bersifat sekali pakai saja, mirip verifikasi login apps via SMS.

Tetapi ada kabar tidak gembira untuk sebagian nasabah yang memerlukan pelaporan hitam di atas putih, yaitu tidak ada opsi mencetak bukti transaksi di transaksi Setor Tunai BCA Cardless. Nasabah-nasabah yang memerlukan bukti cetak dari ATM untuk laporan keuangan mungkin agak kesulitan, namun sebenarnya bisa diatasi dengan membuka Inbox transaksi Cardless, kemudian ambil screenshot (screenshoot itu kata kerja), dan cetak screenshotnya di PC/laptop terkoneksi printer. Saya memaklumi langkah BCA tidak memasukkan opsi cetak bukti transaksi di ATM untuk mengurangi pemakaian kertas. Semoga langkah yang ditempuh oleh BCA tersebut mampu mengurangi jumlah pohon yang ditebang, karena kertas dibuat dari pohon, kan?

Cukup segini lah tulisan saya tentang menajajal setor tunai tanpa kartu di ATM BCA. Saya yakin bahwa seiring waktu berlalu, makin banyak nasabah BCA yang menggunakan fitur cardless dan menjadi bagian dari Generasi Simpel BCA.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun