Mohon tunggu...
STEVEN LEE A
STEVEN LEE A Mohon Tunggu... Freelancer - Berbasis di Jakarta
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Mengumpulkan semangat di masa WFH dengan blogging

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Pentingnya Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi

17 September 2021   15:48 Diperbarui: 17 September 2021   15:50 74 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pentingnya Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi
sumber foto: pexels.com

Kasus positif Covid-19 meningkat dari waktu ke waktu, seperti di Indonesia. Jika pandemi Covid-19 terus berlanjut, semua sektor pasti akan terus terkena dampaknya. 

Seperti di bidang pendidikan, ekonomi, kesejahteraan dan tentunya kesehatan. Setiap orang wajib menjaga kesehatan dirinya sendiri dan kesehatan orang lain, mengikuti prosedur medis, dan memelihara kesehatan jasmani dan rohani.

Covid19 ini bisa menyerang seluruh tubuh, meski kebanyakan orang hanya tahu bahwa virus ini hanya menyerang sistem pernapasan, namun pada kenyataannya virus ini menyerang ke seluruh tubuh yang memiliki reseptor ACE2, dan ini terdapat di mana saja seperti di mata, syaraf, jantung, ginjal, liver, bahkan saluran pencernaan juga.

Mengingat risiko dan bahayanya, penting bagi setiap orang untuk lebih memperhatikan kesehatannya selama pandemi ini. Mengurangi risiko terinfeksi dengan mengurangi paparan virus serta dengan meningkatkan imunitas tubuh. Mengurangi paparan virus itu sendiri adalah dengan melaksanakan protokol kesehatan. 

Untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan menerapkan pola hidup sehat yang terdiri dari tiga pilar pengaruh yakni nutrisi yang tepat, istirahat yang cukup, dan olahraga teratur.

Pola hidup sehat adalah hal yang wajib dilakukan, terutama di masa pandemi. Tentunya dengan mengatur pola hidup sehat dapat membawa banyak manfaat bagi tubuh. Perlunya memperhatikan kebiasaan kecil sehari-hari dan merubahnya agar lebih bermanfaat bagi kesehatan diri sendiri.

Menurut Kotler, pola hidup sehat merupakan gambaran dari aktivitas yang didukung oleh keinginan dan pikiran yang kemudian berinteraksi dengan lingkungan. 

Pola hidup sehat yang diterapkan dapat juga mempengaruhi orang lain, terutama keluarga dan orang-orang sekitar, sehingga akan banyak manfaat yang bisa dirasakan nantinya.

Mungkin dari kalian sudah sering mendengar bahwa orang yang menjalani pola hidup sehat pasti akan terlihat fit dan bugar. Contoh kehidupan nyata dalam hidup adalah orang biasa di zaman dulu yang sampai saat ini masih tetap segar walaupun banyak beraktivitas. Ini karena mereka sering makan makanan segar dan alami tanpa bahan pengawet. 

Pola hidup sehat dapat meningkatkan harapan untuk hidup lebih lama. Manfaat lain yang didapat adalah memperkuat sistem imun tubuh. Sistem imun tubuh dapat mencegah penyakit, termasuk virus Covid19 untuk masuk ke dalam tubuh. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan