Mohon tunggu...
Steven Chaniago
Steven Chaniago Mohon Tunggu... Wiraswasta - Bucin banget orangnya hehe

Owner Instagram Thrift Shop (@gretta.room) + Instagram Sparepart Motor dan Mobil (@chandramotorkm7). Kontak: 089505485190 (WA)

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Curhatan Bang Ozy Jadi Tamparan dan Semangat Buatku

3 Agustus 2021   16:08 Diperbarui: 3 Agustus 2021   16:12 197 38 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Curhatan Bang Ozy Jadi Tamparan dan Semangat Buatku
T-shirt keren Kompasiana sudah mendarat (Sumber: dokpri)

Tulisan atau tepatnya curhatanku kali ini terinspirasi dari artikel Bang Ozy V. Alandika yang berjudul "Menulis di Kompasiana Lalu Bosan, Blog Pribadi Jadi Pelarian". Yang menjadi pokok bahasan di curhatan kali ini sendiri bukanlah mengenai kepindahannya ke blog pribadi, melainkan semangat menulis Bang Ozy yang patut dijadikan inspirasi.

Pertama-tama, Bang Ozy menyebut bahwa tulisannya di Kompasiana terkhusus pada bulan Juli 2021, hanya ada 12 tulisan saja. Namun, tulisan di blog pribadinya justru mencapai 93 artikel. Jadi, total Bang Ozy sudah mengeluarkan kira-kira 105 artikel lebih hanya dalam kurun waktu 1 bulan.

Torehan tersebut menjadi tamparan keras buatku, yang target One Day One Article saja kadang tidak tercapai. Ya meskipun jumlah artikelku per bulan bisa mencapai 30 sampai 50 artikel, karena ada beberapa hari dimana aku menayangkan 2 atau 3 artikel. Namun, bila dibandingkan dengan Mas Bro Ozy, tentu produktivitasku masih kalah jauh. Jujur saja, kemalasan adalah musuh utamaku dalam menulis.

Kadang belum selesai aku menulis, game Clash Royale atau Mobile Legends yang ada di hp ku bergetar memberikan notifikasi, seakan-akan menyuruhku memainkannya, tertundalah artikel yang sedang kuanggit. Maka dari itu, ingin kujual saja akun clash royale milikku. Siapa tahu diantara teman-teman Kompasianer ada yang mau membeli akun tersebut kan, sambil menyelam minum air, hehe.

Kemudian, Bang Ozy juga menuliskan sesuatu yang menjadi keresahanku juga, yakni merasa tertekan dengan status centang biru. Ya, harus kuakui semenjak aku mendapat centang biru, aku bisa sedikit lega karena tidak harus cemas berharap apakah tulisanku akan mendapat label pilihan atau tidak.

Namun, dampak negatifnya adalah sebagai penulis aku merasa sedikit tertekan untuk selalu menuliskan artikel terbaik. Hal itu membuatku takut menulis topik-topik lain di luar anime & manga, drakor & Kpop, atau sepak bola yang memang adalah topik spesialisku.

Dulu ketika masih centang hijau, aku ingat pernah menuliskan artikel humor, politik, hingga ekonomi. Ya, Kompasianer sekalian pasti tidak pernah melihatku menayangkan artikel-artikel dengan topik tersebut setidaknya dalam 4 sampai 5 bulan terakhir.

Yup, alasan utamanya adalah karena aku takut bila aku menyajikan tulisan yang kurang bernas, citra Kompasianer centang biru di Kompasiana yang terkenal kompeten, bisa-bisa menurun kualitasnya. Ya, itulah ketakutan utamaku sehingga berdampak pada berkurangnya jumlah artikel yang bisa kutayangkan setiap bulannya.

Namun ketika membaca tulisan dari Bang Ozy, aku seakan merasa termotivasi untuk membebaskan diri lagi dalam menulis. Bedanya, bila Bang Ozy membebaskan dirinya dalam menulis melalui blog pribadinya, aku memilih membebaskan diriku dalam menulis dengan tetap melalui Kompasiana.

Ya, di bulan Agustus ini dan seterusnya aku memilih untuk menuliskan apa pun yang ada di benakku dan mengenai topik apa pun, asalkan tulisan itu kredibel dan bukan hoaks. Hal itu sendiri sudah kumulai dari awal bulan Agustus ini, dimana aku mulai meraba-raba tulisan mengenai bulutangkis, berita-berita viral, hingga rekomendasi jersey bola.

Ya, meskipun dibandingkan artikel anime jumlah viewersnya peang, tapi sebandinglah dengan kebebasan menulis yang kurasakan beberapa hari belakangan. Jadi, jangan kaget apabila ke depannya tiba-tiba aku menulis mengenai investasi, foodie, gaya hidup, hingga fashion.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN