Mohon tunggu...
Steven Chaniago
Steven Chaniago Mohon Tunggu... Bucin banget orangnya hehe

Owner Instagram Thrift Shop (@gretta.room) + Instagram Sparepart Motor dan Mobil (@chandramotorkm7). Kontak: 089505485190 (WA)

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Tidak Diunggulkan, Ini 3 Kunci Republik Ceko Tahan Imbang Kroasia

19 Juni 2021   06:05 Diperbarui: 19 Juni 2021   06:26 123 23 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tidak Diunggulkan, Ini 3 Kunci Republik Ceko Tahan Imbang Kroasia
Potret Patrick Schick dan Darida saat merayakan gol Schick dari titik putih dalam laga Republik Ceko kontra Kroasia tadi malam (18/6)

Pertandingan lanjutan dari kompetisi EURO 2021 menghadirkan laga seru antara Republik Ceko dan Kroasia yang berlangsung pukul 23:00, Jumat (18/6) kemarin. Pertandingan yang berlokasi di Hampden Park Stadium ini berakhir dengan hasil imbang 1-1.

Sama-sama mengemas 1 poin di pertandingan ini, Republik Ceko jelas lebih diuntungkan, sebab kini mereka hanya perlu bermain imbang guna memastikan diri lolos ke babak selanjutnya. Sementara Kroasia, mereka perlu berharap Skotlandia mampu kejutan dengan menahan imbang Inggris guna memperbesar kemungkinan lolos mereka.

Baik Kroasia maupun Republik Ceko, sama-sama memakai formasi 4-2-3-1 dan sama-sama juga mengambil inisiatif serangan. Namun, Ceko yang bermain mengandalkan umpan pendek cepat dari kaki ke kaki, berhasil menguasai jalannya pertandingan di awal babak pertama.

Beberapa peluang pun tercipta untuk Ceko, salah satunya dari Jankto, namun sayang gagal berbuah gol. Sementara di kubu lawan, Ante Rebic sempat terlihat frustasi karena para penyerang Kroasia kurang melakukan pressing yang ketat sehingga penguasaan bola didominasi oleh pemain Ceko. Setelah itu, Kroasia memang memilik peluang dari Perisic, namun masih mentah juga di tangan kiper Vaclik.

Naas, setelah peluang tersebut justru Kroasia harus kebobolan oleh gol penalti Patrick Schick, setelah sebelumnya VAR menyatakan Dejan Lovren melakukan pelanggaran kepadanya hingga menyebabkan darah mengalir dari hidungnya. Setelah kebobolan, Kroasia langsung mengambil inisiatif menyerang yang sayangnya tidak berbuah gol hingga akhir babak pertama.

Di babak kedua, Zlatko Dalic langsung mengganti Josip Brekalo yang kurang menunjukkan kontribusinya di babak pertama dengan memasukkan Luka Ivanusevic. Selain itu, Bruno Petrovic juga masuk menggantikan striker AC Milan, Ante Rebic. Hasilnya langsung terlihat, Kroasia yang menggebrak berhasil menciptakan gol penyama kedudukan berkat Ivan Perisic.

Setelahnya, baik Ceko maupun Kroasia kembali jual beli serangan. Beberapa peluang dari Soucek dan Krmencik hadir untuk Republik Ceko, sementara Kroasia punya peluang emas dari Vlasic dan Petrovic. Namun sayang, tidak ada gol tambahan yang terjadi hingga peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan ditiupkan wasit Carlos Del Cerro Grande.

Duel kedua tim kali ini memang cukup alot dan berimbang, terutama di babak kedua. Meski bermain dalam tempo yang lambat, namun kedua tim sama-sama efektif saat memegang bola. Namun, menurut penulis setidaknya ada 3 faktor kunci yang membuat Republik Ceko sukses menahan Kroasia tadi malam. Penasaran? Berikut 3 kuncinya:

1. Kepercayaan Diri

Faktor kunci pertama menurut penulis yang berperan besar dalam kesuksesan Ceko mencuri poin dari Kroasia adalah faktor kepercayaan diri. Yup, meski berstatus tidak diunggulkan, nyatanya hal itu tidak menyurutkan motivasi bermain para pemain Republik Ceko. Bahkan, mereka justru tampak tampil lepas seakan tak ada beban yang mereka pikul.

Hal itu sendiri terbukti dari para pemain Ceko yang berani memainkan bola dengan leluasa, terutama dari sisi kiri. Penulis mencatat bahwa Jankto, Darida, dan Soucek banyak sekali mengkreasikan peluang di babak pertama. Nama pertama bahkan beberapa kali penulis lihat memamerkan skill individunya guna membantu menciptakan peluang.

Striker andalan mereka, Patrick Schick, bahkan berani mengambil penalti ketika darah masih mengalir dari hidungnya. Hebatnya, ia berhasil menceploskan gol ke gawang Livakovic. Gol tersebut lantas membawanya menjadi top skorer EURO 2020 sementara, dengan 3 gol dari 2 pertandingan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x