Mohon tunggu...
Steven Chaniago
Steven Chaniago Mohon Tunggu... Bucin banget orangnya hehe

Bila ingin memuat artikel untuk kebutuhan Fair Use, bisa menghubungi saya melalui Email di: kecengsc@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Lima Faktor Kegagalan Timnas Indonesia Imbangi UAE

12 Juni 2021   06:05 Diperbarui: 12 Juni 2021   15:15 707 36 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lima Faktor Kegagalan Timnas Indonesia Imbangi UAE
Laga timnas Indonesia vs UEA pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Stadion Zabeel, Dubai, Jumat (11/6/2021) malam WIB. (Foto: PSSI via Kompas.com)

Timnas Indonesia kembali mengalami kekalahan telak 5-0 dari United Arab Emirates, setelah di laga sebelumnya dibabat Vietnam 4 gol tanpa balas. Meski pahit diakui, namun memang Timnas Indonesia berada dibawah level UAE.

Bermain di Zabeel Stadium, UAE bermain percaya diri sejak awal laga dan mendominasi permainan dengan umpan-umpan pendek yang akurat. UAE bahkan sudah mendapat peluang di menit pertama, sesaat ketika laga baru saja dimulai.

Sebaliknya, bermain di hadapan publik tuan rumah, Evan Dimas dkk bermain kurang pede dan kesulitan mengembangkan permainan. Mereka juga cenderung bermain terlalu ke dalam area pertahanan sendiri, sehingga sulit membangun permainan atau melakukan counter attack.

Hasilnya, Indonesia dibobol UAE 2 gol dalam tempo 6 menit saja, di menit ke-22 oleh Ali Mabkhout, dan di menit ke-28 oleh Fabio Lima.

Sejatinya, Asnawi Mangkualam yang bermain luar biasa di laga semalam, berhasil melakukan penetrasi yang berujung penalti untuk Indonesia. Sayang, penalti Evan Dimas berhasil ditebak kiper Ali Khasif. Skor 2-0 untuk UAE bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, coach STY mencoba bermain lebih menyerang dengan memasukkan 2 pemain andalannya, Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaiman menggantikan Kushedya Hari Yudo dan Osvaldo Haay.

Awalnya Egy terlihat dapat mengubah jalannya pertandingan, namun hal itu sirna ketika challenge telat dari Adam Alis kepada salah satu penyerang UAE di kotak penalti Indonesia berbuah penalti untuk UAE. Ali Mabkhout yang ditunjuk sebagai algojo pun sukses menunaikan tugasnya, 3-0 untuk UAE.

Para pemain Indonesia pun nampak cukup down yang berujung dengan hilangnya konsentrasi. Hal itu dimanfaatkan Fabio Lima untuk mencetak gol keduanya di menit 55.

Sebastian Tagliabue yang masuk di babak kedua pun melengkapi koleksi 5 gol UAE atas Timnas Indonesia dengan golnya di menit ke-86, memanfaatkan renggangnya pertahanan Indonesia di akhir laga.

"Skuad Timnas Indonesia pastinya punya banyak PR yang harus diperbaiki melihat banyaknya catatan yang ditulis oleh staff pelatih" ucap komentator Rendra Soedjono mendekati akhir laga. Terang saja, penulis setuju 100% dengan pernyataan tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN