Mohon tunggu...
Steven Chaniago
Steven Chaniago Mohon Tunggu... Mahasiswa Komunikasi

Bila ingin memuat artikel untuk kebutuhan Fair Use, bisa menghubungi saya melalui Email di: kecengsc@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Akankah Lille Berhasil Memutus Dominasi PSG di Ligue 1?

15 Mei 2021   06:35 Diperbarui: 16 Mei 2021   00:31 2893 44 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Akankah Lille Berhasil Memutus Dominasi PSG di Ligue 1?
ligue1.comPotret skuat Lille OSC, berpeluang besar menjadi juara Ligue 1

Lille OSC atau LOSC, klub asal Lille yang diawal musim Ligue 1 tidak dijagokan sama sekali menjadi penantang juara, kini tinggal selangkah lagi untuk bisa membawa trofi Ligue 1 ke rumah mereka, Stade Pierre-Mauroy.

Saya sendiri juga cukup kaget ketika iseng melihat tabel Ligue 1, dan menyadari bahwa Lille ternyata bisa mengunci gelar juara Ligue apabila memenangi laga kontra St.Etienne tanggal 17 Mei 2021 mendatang. Namun dengan catatan, PSG pun gagal menang atas tamunya Reims, di hari yang sama.

Saat ini, Lille berada di puncak klasemen sementara dengan 79 poin dari 36 laga yang sudah dijalani, sementara PSG ada di posisi kedua dengan 76 poin dari 36 laga. Apabila Lille mampu menang sedangkan PSG imbang atau kalah, maka otomatis perolehan poin Lille tak akan bisa lagi dikejar oleh PSG dengan 1 pertandingan tersisa.

Tak hanya itu, Lille pun akan mampu memutus dominasi PSG selama 3 musim terakhir, dan menggantikannya sebagai juara yang baru. Lille akan menjadi klub kedua setelah AS Monaco di 2016/2017 yang mampu merebut gelar dari PSG di masa jayanya selama 9 tahun terakhir.

Seakan belum cukup, apabila Lille juara pun, maka mimpi Neymar dan kawan-kawan untuk menjadi tim dengan gelar juara Ligue 1 terbanyak sebanyak 10 gelar (bersama St.Etienne dan Olympique Marseille) otomatis pupus.

Lille memang tampil cemerlang musim ini. Mereka bak Leicester City di musim 2015/2016 yang berhasil mengukir fairy tale story (Kisah dongeng). Les Dogues sendiri di musim ini memenangkan 23 pertandingan, bermain imbang sebanyak 10 kali, serta 3 pertandingan berakhir dengan kekalahan.

Faktor Pendukung Lille Juara

Sejauh ini, ada banyak faktor yang mempengaruhi peningkatan permainan Lille saat ini. Salah satu yang paling utama adalah tangan magis coach mereka, Christophe Galtier.

Perubahan taktik dari 4-2-3-1 ke 4-4-2 dengan double pivot di musim ini benar-benar membuat Lille menjadi tim yang berimbang di semua sisi. Mereka bisa memasukan banyak gol, serta mampu menjaga gawang mereka dari kebobolan.

Hal ini tentunya didukung oleh kualitas setiap pemain yang mengisi starting line-up Lille itu sendiri. Di lini belakang sendiri, duet Sven Botman yang didatangkan dari Ajax dan bek senior Jose Fonte, sukses membuat gawang Mike Maignan hanya kebobolan 22 gol dari 36 laga yang mereka jalani. Torehan tersebut membuat Lille menjadi tim yang paling sedikit kebobolan di Ligue 1 musim ini.

Di lini tengah, ada youngster macam Renato Sanches dan Soumare. Lalu ada duo Jonathan, Jonathan Bamba dan Jonathan Ikone pun sukses menjadi pemecah kebuntuan yang bergerak dari sayap kiri dan kanan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN