Mohon tunggu...
Steven Chaniago
Steven Chaniago Mohon Tunggu... Mahasiswa Komunikasi

Bila ingin memuat artikel untuk kebutuhan Fair Use, bisa menghubungi saya melalui Email di: kecengsc@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Menilik Peluang Juara 3 Raksasa Spanyol di 4 Laga Tersisa

5 Mei 2021   12:37 Diperbarui: 6 Mei 2021   05:19 1328 36 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menilik Peluang Juara 3 Raksasa Spanyol di 4 Laga Tersisa
Lionel Messi (tengah) dibayangi oleh Koke (kiri) pada laga lanjutan pekan ke-10 pada Sabtu (21/11/2020). Pada 8/5/2021 duel antara Atletico Madrid dan akan jadi laga penentu siapa yang akan keluar sebagai juara La Liga 2020/2021.| Sumber: AFP/GABRIEL BOUYS via Kompas.com

Memasuki pekan ke-35, perburuan gelar juara La Liga Spanyol masih berlangsung ketat antara ketiga raksasa, yakni Atletico Madrid, Real Madrid, dan Barcelona. Yup, La Liga musim 2020/2021 kali ini memang sangat seru karena banyak kejutan-kejutan yang terjadi.

Siapa yang menyangka, La Liga yang awalnya dikira banyak orang akan membosankan karena Atletico hampir bisa dipastikan juara sejak awal musim berjalan, kini hanya unggul 2 poin dari Real Madrid dan Barcelona di posisi 2 dan 3 dengan jumlah pertandingan yang sama (34).

Atletico sendiri sempat leading jauh, yakni sebanyak 10 poin plus 1 pertandingan sisa di paruh pertama musim. Apalagi anak asuh Diego Simeone ini pernah mengalahkan Valencia, Barcelona, serta menahan imbang Real Madrid. 

Fans pun tak pelak mulai menaruh harapan agar Los Rojiblancos mampu mengakhiri dominasi duo Real Madrid dan Barcelona di La Liga.

Namun sayang, di paruh kedua musim, Luis Suarez dkk seakan kehabisan bensin dan mulai tampil inkonsisten. Imbasnya, baru-baru ini mereka harus menelan pil pahit dari kekalahan atas Sevilla dan Athletic Bilbao.

Atletico, Real Madrid, dan Barcelona berburu gelar juara La Liga musim 2020/2021| ruetir.com
Atletico, Real Madrid, dan Barcelona berburu gelar juara La Liga musim 2020/2021| ruetir.com
Sebaliknya, rival sekota Atletico yakni Real Madrid, memulai awal musim dengan tidak begitu meyakinkan. Pasukan Zinedine Zidane ini pernah kalah secara mengejutkan dari tim gurem macam Alaves dan Levante, plus beberapa kali ditahan imbang. Untungnya, di awal paruh kedua musim permainan Real Madrid membaik hingga berhasil merangsek ke posisi 3 besar.

Di sisi lain, Barcelona sendiri memulai musim dengan diragukan oleh banyak pihak. Beberapa bahkan mengatakan El Barca bukan jagoan juara di musim 2020/2021 ini.

Masa adaptasi dengan gaya kepelatihan Ronald Koeman, isu Lionel Messi yang tak nyaman lagi di Barca, hingga konflik pergantian kepemimpinan dari Josep Maria Bartomeu ke Joan Laporta adalah alasan utama mereka tak dijagokan musim ini.

Di awal musim pun, mereka kesulitan menemukan konsistensi permainan hingga sulit meraih kemenangan dan menembus posisi 5 besar. Namun secara mengejutkan, Frenkie De Jong dan lainnya bisa bangkit di paruh kedua musim dan kini menjadi salah satu pesaing juara.

Probabilitas Juara Atletico Madrid Cukup Besar

Di atas kertas, Atletico sebenarnya punya kans yang cukup besar mengingat mereka masih memiliki keunggulan 2 poin dari Barcelona dan Real Madrid. Mereka juga tak bermain di kompetisi manapun lagi, sehingga fokus sepenuhnya kini ada di La Liga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN