Mohon tunggu...
Steven Chaniago
Steven Chaniago Mohon Tunggu... Mahasiswa Komunikasi

Bila ingin memuat artikel untuk kebutuhan Fair Use, bisa menghubungi saya melalui Email di: kecengsc@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Viral Pilihan

Kreatif, dr Tirta Berantas Hoaks dengan Sistem Bounty ala One Piece

1 Mei 2021   11:36 Diperbarui: 1 Mei 2021   13:28 199 29 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kreatif, dr Tirta Berantas Hoaks dengan Sistem Bounty ala One Piece
Potret Dr. Tirta relawan pencegahan Covid-19 yang punya cara unik tangani hoaks/hot.liputan6.com

Tanggal 30 April 2021 saya menyaksikan pemandangan yang tidak biasa di laman Instagram saya, dimana saya melihat ada beberapa postingan unik dr. Tirta yang menyangkut dirinya, pencegahan Covid-19, serta bounty. Karena penasaran, akhirnya saya telusurilah asal muasal postingan dr. Tirta tersebut.

Duduk perkara saya sinyalir bermula dari komentar beberapa warganet yang memberikan komentar tak sedap yang ditujukan kepada dr. Tirta. Komentar tersebut berasal dari akun Instagram @gugun.ramadhan, @_njuu_manjuu_ dan akun Facebook atas nama Supriono.

Intinya, komentar ketiga akun tersebut adalah menuding dr. Tirta memanfaatkan masa pandemi Covid-19 ini untuk menambah pundi-pundi uang miliknya. Dr. Tirta sendiri diketahui memang cukup sensitif apabila ada tudingan mengenai dirinya yang berkaitan dengan uang, karena ia merasa ia tidak mendapat keuntungan apapun, malah banyak eventnya yang tertunda.

Dari sinilah kemudian, dr. Tirta memposting kedua akun tersebut lengkap dengan komentarnya, disertai dengan caption yang intinya dr. Tirta memberikan "Bounty" terhadap ketiga akun tersebut.

Bounty sendiri artinya hadiah yang dapat berupa barang maupun uang, apabila seseorang dapat menemukan apa yang dicari oleh si pemberi bounty. Yup, untuk teman-teman pecinta anime One Piece, pasti sudah tidak asing kan dengan hal ini?

Kembali ke dr. Tirta, ternyata dokter yang juga seorang entrepreneur ini tak tanggung-tanggung dalam memberi bounty bagi akun yang dicarinya. Dr. Tirta menyebut ia siap menggelontorkan dana sebesar 5 juta rupiah apabila ada yang mampu menemukan lokasi si pemilik akun, serta 10 juta rupiah untuk yang berhasil menemui orang dibalik akun tersebut secara fisik.

Postingan tersebut langsung membuat para "bounty hunter" alias para pengincar hadiah semangat bergerak untuk mengincar hadiah yang ditawarkan dokter Tirta. Hal ini terbukti dari postingan dokter Tirta berikutnya, yang menyatakan bahwa salah satu orang yang bersangkutan sudah ditemukan hanya dalam waktu 1 jam saja. Wow, luar biasa!

Akun pertama yang ditemukan adalah akun Facebook dengan nama Supriono, yang langsung memberikan klarifikasi serta permintaan maafnya melalui rekaman video. Ia juga berkata kalau ia tidak menyangka kasusnya akan panjang seperti ini.

Dokter Tirta pun langsung memaafkan orang tersebut dan memberikan wejangannya terkait perilaku bermedia sosial yang baik dan benar. Tak lupa, dokter Tirta juga mengumumkan pemenang bounty, yakni inisial A asal Jombang, yang berhasil mendapat hadiah senilai 40 juta rupiah. Ada juga hadiah hiburan untuk 4 orang lainnya.

Di sisi lain, bounty kedua dan ketiga pun juga ditemukan tak lama setelah bounty pertama diumumkan, yakni hanya berselang 2 dan 4 jam saja. Masih sama, dokter Tirta pun memilih memaafkan kedua akun tersebut sama seperti sebelumnya.

Pemenang bounty kedua dan ketiga pun juga diumumkan bersamaan dengan permintaan maaf dari kedua akun tersebut. Khusus pemenang bounty kedua, beliau atas nama @hannykristianto memilih mendonasikan hadiahnya ke masjid.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN