Mohon tunggu...
Steven Chaniago
Steven Chaniago Mohon Tunggu... Mahasiswa Komunikasi

Bila ingin memuat artikel untuk kebutuhan Fair Use, bisa menghubungi saya melalui Email di: kecengsc@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

E-Sport Pilihan

Mobile Legends: Tips dan Guide Hanabi, Efektif Buat Push Rank

4 Februari 2021   09:35 Diperbarui: 4 Februari 2021   11:39 196 25 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mobile Legends: Tips dan Guide Hanabi, Efektif Buat Push Rank
Potret hero Hanabi, salah satu Marksman tersakit di game Mobile Legends| jurnalapps.co.id

Pertengahan Januari 2021 yang lalu adik saya tiba-tiba meminta saya meng-install kembali permainan Mobile Legends yang sudah lama saya hapus. Entah kenapa juga ia tiba-tiba demen game tersebut, dan meminta bantuan saya agar enak push rank katanya.

Akhirnya setelah hampir 1 tahun tidak bermain, saya install kembali game tersebut guna membantu keinginan adik saya. Saya ditempatkan dalam bracket "Grandmaster" sewaktu saya bermain kembali. Agak terhina, tapi tak apalah.

Saya pun menjadi satu-satunya "Grandmaster" dalam tim yang dibentuk adik saya bersama teman-temannya, dimana mereka semua sudah mencapai tingkat "Epic". Meski begitu, ternyata skill saya masih nyantol-nyantol sedikit.

Saya diminta mengisi posisi Marksman, sebab hanya itu posisi yang kosong. Sejatinya saya cukup sering bermain Marksman dulu dan punya banyak hero Marksman juga seperti Lesley, Granger, Claude, Bruno, dan lainnya.

Namun, hero-hero di atas jarang saya pilih. Saya lebih memilih nge-spam hero Hanabi, yang notabene adalah hero favorit saya sedari dulu dan memang cocok digunakan untuk push rank hingga bracket "Legends".

Nah, dalam artikel ini saya akan menjelaskan cara bermain Hanabi dan apa saja yang harus diperhatikan agar memainkan Hanabi dengan optimal. Jadi, untuk teman-teman yang masih nyangkut di "Epic", bisa mencoba beberapa hal di bawah agar gampang sampai ke "Legends".

A. Skill Set:

Skill Pasif: Equinox. Saat HP Hanabi full, serangan lifesteal yang dilancarkannya akan diakumulasikan menjadi HP tambahan untuk Hanabi yang berupa Shield. Shield ini dapat menampung hingga 20% dari HP maksimum Hanabi. Saat memiliki Shield ini, Hanabi akan kebal dari efek control musuh, yang membuatnya tak gampang ditangkap/mati oleh initiator tim musuh.

Skill 1: Petal Barrage. Saat skill ini diaktifkan (toggle), ini akan mengonsumsi mana Hanabi sebesar 20 per serangannya. Serangan Hanabi yang sudah diaktifkan dengan Petal Barrage, akan membuat basic attack Hanabi memantul sebanyak 3 kali.

Setiap pantulan mempunyai damage 30% dari basic attack Hanabi. Skill pasif dari Petal Damage pun adalah memberi lifesteal sebesar 7 persen kepada Hanabi dan akan bertambah 3 persen tiap skill ini di-upgrade.

Jadi, saya selalu memprioritaskan membesarkan skill Petal Barrage ini karena sangat efektif saat war maupun membersihkan minions di lane.

Skill 2: Soul Scroll. Skill kedua Hanabi ini memiliki cooldown selama 12 detik dan mana cost sebesar 35 mana. Dengan skill ini, Hanabi dapat menembakkan sebuah gulungan ke arah musuh, yang akan memberikan damage sebesar 300 physical damage (+80 persen dari total physical attack).

Selain itu, movement speed musuh akan berkurang sebanyak 60% selama 2 detik. Ditambah lagi, Hanabi akan mendapat 140 mana tiap serangan ini mengenai hero lawan.

Saya pribadi hanya meningkatkan skill 2 ini satu atau dua kali saja di awal, sebab penggunaan mana saya tidak boros dan akurasi Soul Scroll saya mengenai musuh cukup tinggi.

Skill 3 (Ultimate): Higanbana. Skill ini membuat Hanabi melempar sebuah bunga yang akan mekar dan memberikan 400 physical damage (+100 dari total physical attack) kepada hero (tidak berefek pada minions). Musuh yang terkena pun akan immobilize (tidak bisa bergerak) selama 2 detik.

Selama itu, bila ada hero lain yang berada di dalam jangkauan Higanbana, maka hero tersebut akan terkena efek immobilize yang sama selama 2 menit. Skill ini efektif digunakan saat war, dan bisa pula digunakan untuk kabur dari musuh.

B. Items Build:

1. Swift Boots: Sudah jelas bahwa Hanabi saya selalu saya belikan Swift Boots untuk meningkatkan movement speed dan attack speed. Semakin cepat attack speed, semakin cepat pula lifesteal Hanabi berjalan untuk mengisi HP yang nantinya akan menjadi Shield. Swift Boots pun dapat diganti dengan item attack lain saat sudah memasuki late game.

2. Endless Battle/Haas Claw: Sama-sama item lifesteal dan sama-sama efektif untuk digunakan. Saya sendiri sering membuat Endless Battle untuk Hanabi sebab stats yang ditawarkan jauh lebih menguntungkan. Hal ini membuat Hanabi saya di late game jauh lebih ganas ketimbang membuat Haas Claw.

3. Berseker's Fury: Berseker's Fury adalah barang ketiga yang saya beli. Biasanya, setelah barang ini jadi maka saya sudah lumayan pede untuk ikut bertempur. Karena, Berseker's Fury membuat Hanabi dapat tambahan 65 poin physical attack dan memiliki 25% critical chance. Jadi, hero lawan bisa down dengan cukup cepat.

4. Scarlet Phantom: Barang selanjutnya adalah Scarlet Phantom. Dengan barang ini, Hanabi akan mendapat tambahan 30 poin physical attack, 20% attack speed, dan 25% critical hit. Semakin cepat pukulan Hanabi, semakin besar pula peluang critical hitnya muncul. Maka dari itu, Scarlet Phantom ini adalah barang komplementer untuk Berseker's Fury.

5. Windtalker: Barang selanjutnya yang menjadi pilihan saya adalah Windtalker. Dengan barang ini, Hanabi jadi punya movement speed yang lebih cepat, serta attack speed tambahan dan critical chance yang mumpuni. Tak hanya itu, Windtalker pun membuat movement speed hero kita terjaga saat kita ingin menjual Swift Boots dengan barang lain. So, Windtalker adalah barang wajib untuk Hanabi bagi saya.

6. Blade of Despair: Barang terakhir untuk seorang Marksman, tentu tidak afdol apabila tidak membeli Blade of Despair. Ya, dengan tambahan 170 physical attack dan 10% attack speed, Hanabi dengan serangannya yang bisa memantul sudah pasti jadi momok menakutkan bagi lawan-lawannya.

C. Battle Spell: Flicker

Mungkin sebagian orang masih setia menggunakan Retribution menggunakan battle spell Hanabi agar dapat dikombinasikan dengan Hunter Knife. Namun saya lebih prefer Flicker, sebab farming saya di lane cukup baik dan dapat jungle dengan leluasa karena ditemani oleh Tank yang jago.

Selain itu, Flicker juga membuat Hanabi jadi punya escape mechanism atau cara untuk kabur, sebab Hanabi tak punya cara untuk kabur selain menggunakan Flicker.

D. Laning (Gameplay): Mid-lane


Saya biasanya bermain di Mid-lane, dimana akan ada Tank yang menemani saya. Guna Tank tersebut adalah untuk membantu saya untuk mengambil buff di jungle saat selesai membersihkan minions di lane. Hero Tank dibutuhkan Hanabi saat jungle karena damage Hanabi tidak terlalu sakit di awal dan belum punya lifesteal yang mumpuni.

Saya biasanya akan tetap farming, baik di lane maupun jungle, hingga saya memiliki Swift Boots, Endless Battle, dan Berseker Fury. Bila belum punya ketiga barang tersebut, biasanya saya enggan ikut perang kecuali ada peluang kill yang besar, karena hanya akan mati sia-sia saja.

Mungkin ada yang bingung, loh kalau tidak dibantu nanti kalah dong. Hoho, tidak secepat itu Ferguso. Seperti yang saya bilang sebelumnya, Hanabi bukanlah hero early game, melainkan hero late game.

Hal itu karena Hanabi sangat bergantung kepada barang-barang yang memberinya lifesteal, attack speed, physical attack, dll. Dengan barang tersebut, barulah Petal Barrage Hanabi dapat bekerja maksimal.

Dengan kata lain, meskipun kalah di early game, kamu masih bisa comeback di mid game atau late game. Saya pun sering mengalami kondisi seperti ini, dan saya tetap santai saja, karena saya tahu Hanabi saya akan sulit dikalahkan ketika item yang dibutuhkannya sudah jadi.

***

Itulah beberapa tips dan guide dari saya mengenai bagaimana cara mengoptimalkan hero Marksman Hanabi di Mobile Legends. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

VIDEO PILIHAN