Mohon tunggu...
Steven Chaniago
Steven Chaniago Mohon Tunggu... Mahasiswa Komunikasi

Bila ingin memuat artikel untuk kebutuhan Fair Use, bisa menghubungi saya melalui Email di: kecengsc@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Para Anti Vaksin, Memangnya Punya Solusi Apa?

26 Januari 2021   13:06 Diperbarui: 26 Januari 2021   13:24 224 47 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Para Anti Vaksin, Memangnya Punya Solusi Apa?
Ilustrasi vaksin Covid-19

Belakangan, drakor "True Beauty" seakan membuat masyarakat Indonesia terbelah menjadi dua kubu yakni kubu Han Seo-jun dan Lee Suho.

Namun tak hanya drakor "True Beauty" yang memecah netizen menjadi dua kubu, nyatanya masyarakat juga terbelah menjadi dua kubu kala membahas perihal vaksin, kubu pro vaksin dan kubu anti vaksin.

Influencer Dokter Tirta adalah salah satu pengusung pro vaksin yang saya percayai karena informasi serta argumen yang beliau berikan sangat logis, gampang dimengerti dan tentunya aktual.

Sementara di kubu anti vaksin, nama Ribka Tjiptaning selaku politisi PDIP sempat mencuat lantaran lantang menyuarakan penolakannya terhadap vaksin Sinovac. Namun ya, hanya menolak saja, tanpa ada argumen logis yang melatarinya.

Saya pun termasuk salah satu orang yang menolak vaksin Sinovac pada awalnya, karena memang dikabarkan belum lolos tahap akhir uji klinis dan diharuskan membayar untuk vaksin tersebut.

Tapi hal itu perlahan tidak lagi berlaku, setelah BPOM mengizinkan penggunaan vaksin Sinovac, serta keputusan pemerintah yang akhirnya menggratiskan vaksin penangkar Covid-19 tersebut untuk seluruh rakyat Indonesia.

Saya kira kebanyakan orang akan berpikiran seperti saya, namun kenyataan di lapangan cukup berbeda. Menurut Klikdokter.com, 46% rakyat Aceh dan 47% rakyat Sumatera Barat yang bersedia di vaksin.

Banyaknya kubu anti vaksin ini juga tercermin dari adu hastag di kanal Twitter antara orang-orang yang pro terhadap vaksin dan yang kontra terhadap vaksin.

Sebagai negara demokrasi, sah-sah saja memberikan pendapat atau opini untuk menolak vaksin. Tapi, hal tersebut menjadi salah ketika yang diutarakan hanyalah anti vaksinnya saja, tanpa dibarengi dengan argumen yang jelas atau alasan yang logis.

Kalau tidak percaya, coba lihat postingan Instagram Dokter Tirta terbaru atau cuitannya di kanal Twitter. Dalam kesempatan tersebut, ia mengungkapkan beberapa argumen konyol para pendukung anti vaksin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x