Mohon tunggu...
Steven Chaniago
Steven Chaniago Mohon Tunggu... Mahasiswa Komunikasi

Bila ingin memuat artikel untuk kebutuhan Fair Use, bisa menghubungi saya melalui Email di: kecengsc@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Pilihan

"One Piece": 7 Karakter Kuat dengan Bounty yang Masih Misteri

23 Januari 2021   10:01 Diperbarui: 23 Januari 2021   10:09 4313 74 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"One Piece": 7 Karakter Kuat dengan Bounty yang Masih Misteri
Potret Marco the Phoenix serta poster buronannya yang masih misterius (opfanpage.com)

Di dalam cerita One Piece karangan mangaka Eiichiro Oda, ada banyak aspek yang bisa digunakan untuk menakar kekuatan seseorang. Ada kekuatan fisik, intelejensi, buah iblis, haki, hingga jumlah bounty pun dapat dijadikan patokan seberapa kuat suatu karakter.

Bounty (Nilai Buronan) sendiri adalah jumlah harga yang akan dibayarkan oleh pemerintah dunia bila seseorang mampu menangkap orang yang dicari (Wanted) oleh pemerintah. Bounty biasanya diberikan kepada bajak laut dan orang-orang yang dianggap membahayakan pemerintah seperti pasukan revolusioner.

Maka dari itu, kemudian timbul profesi sebagai pemburu bajak laut, dimana mereka akan menangkapi para bajak laut untuk nantinya ditukarkan dengan uang sesuai yang tertera dalam bounty mereka masing-masing.

Jumlah yang tertera dalam poster bounty hanya dibayarkan penuh apabila orang yang dicari diserahkan dalam keadaan hidup, agar bisa dipamerkan untuk dieksekusi di depan umum. Sementara apabila para buronan diserahkan dalam keadaan tidak bernyawa, bayaran mereka akan dipotong 30% karena tidak akan ada eksekusi publik.

Nah, sejauh manga One Piece berjalan hingga mencapai chapter 1001, diketahui bahwa mantan raja bajak laut Gol D. Roger adalah pemegang jumlah bounty terbesar dengan jumlah 5.564.800.000 belly.

Menariknya, ada beberapa karakter kuat pula dalam cerita One Piece, yang sudah lumayan sering muncul namun jumlah bounty-nya masih dirahasiakan oleh Oda Sensei. Entah Oda mempunyai maksud tersembunyi atau memang menunggu waktu yang pas untuk mengumumkan jumlah bounty mereka. Inilah 7 karakter kuat dengan bounty yang masih unknown tersebut:

1. Rocks D. Xebec 

(Perkiraan bounty: 5.200.000.000 belly)

Di urutan pertama, ada mantan kapten bajak laut Rocks yakni Rocks D. Xebec. Ya, mantan kapten dari Shirohige, Kaido, Big Mom, dan Shiki ini jelas lebih kuat dari Shirohige, namun tidak lebih kuat dari Roger. Maka dari itu, saya ambil tengahnya dan memperkirakan nilai bounty Rocks ada di angka 5.200.000.000 belly.

Sebenarnya, angkatan laut pernah berkata bahwa tidak ada bajak laut yang nilai buronannya melewati angka 5.000.000.000 belly, kecuali Roger dan Shirohige. Namun saya beranggapan bahwa angkatan laut sengaja menyembunyikan jumlah bounty Rocks yang asli guna mengubur kenangan tentang Rocks D. Xebec.

Terbukti, angkatan laut di era sekarang saja tidak ada yang tahu siapa itu Rocks sebelum diberitahu Sengoku. Jadi, bounty Rocks besar kemungkinan melewati 5 miliar belly namun memang tidak dianggap sebagai bajak laut melainkan penjahat.

2. Monkey D. Dragon 

(Perkiraan bounty: 5.000.000.000 belly)

Monkey D. Dragon adalah orang kedua (Selain Roger dan Shirohige) yang memiliki bounty setidaknya menyentuh angka 5 miliar belly. Alasan namanya tidak disebut angkatan laut sudah jelas, bahwa Dragon bukan merupakan seorang bajak laut melainkan seorang pemimpin pasukan revolusioner, jadi wajar apabila namanya tidak disebut.

Banyak yang memprediksi bahwa Dragon adalah pengguna buah iblis bertipe angin atau cuaca, senjata kuno Uranus, hingga menguasai haki yang sama hebatnya dengan Akagami no Shanks. Namun, semua itu belum bisa dikonfirmasi kebenarannya, mengingat informasi tentang Dragon juga masih sangat terbatas.

Yang kita tahu, Dragon saat ini dicap sebagai penjahat paling dicari di dunia. Alasan utamanya mungkin karena ia sudah mengetahui kebusukan pemerintah dunia dan ada kaitannya dengan insiden di pulau O'hara. Jadi, predikat penjahat paling dicari di dunia inilah yang kemungkinan membuat bounty miliknya melambung hingga 5 miliar belly.

3. Kozuki Oden 

(Perkiraan bounty: 3.300.000.000 ~ 3.600.000.000 belly)

Di urutan ketiga, ada Kozuki Oden yang merupakan guru dari para Akazaya Nine sekaligus orang yang menjadi alasan para Akazaya melakukan perang melawan Kaido dan bajak lautnya. Oden sendiri masih merupakan karakter yang misterius.

Oden juga memiliki pedang ganas Enma dan satu lagi pedang Ame no Habakiri, ditambah kekuatan haki Ryuo yang dapat menembus tubuh Kaido. Oden diketahui pernah hampir mengalahkan Kaido, namun tak berdaya ketika berhadapan dengan Gol D. Roger.

Tapi feeling saya, angkatan laut tidak mendapat informasi mengenai hal tersebut. Jadi mungkin, angkatan laut hanya menganggap Oden sebagai komandan Shirohige biasa yang berpindah ke kapal Roger dan mencapai Laugh Tale (Raftel). Maka dari itu, saya prediksi bounty Oden hanya berada di angka 3,3 sampai 3,6 miliar belly saja.

4. Dracule Mihawk 

(Perkiraan bounty: 2.600.000.000 belly)

Pendekar pedang terkuat di dunia, rival dari Yonkou Shanks, Shichibukai terkuat, dan pemilik pedang Yoru yang sudah menjadi Kokuto (Pedang Hitam Permanen), ia adalah Dracule Mihawk, penghuni pulau Kuraigana. Kontribusinya bagi angkatan laut di perang Marineford juga tak perlu diragukan lagi.

Dan kini setelah Shichibukai resmi dibubarkan, bounty Mihawk akan kembali aktif, yang mana saya prediksi akan berada di angka 2.600.000.000 belly. Loh, kok jauh sekali dengan Shanks? Alasannya jelas, Shanks memiliki titel Yonkou yang pasti mendongkrak nilai bounty-nya.

Selain itu, Mihawk juga sepertinya jarang membuat masalah, sehingga harusnya tidak dianggap berbahaya bagi masyarakat. Maka dari itu, saya simpulkan tidak akan terlalu tinggi meski kemampuannya pantas dihargai 3 miliar lebih.

5. Benn Beckman 

(Perkiraan bounty: 2.400.000.000 belly)

Masih berkaitan dengan bajak laut Akagami, ada sang wakil kapten Benn Beckman, yang hingga kini tak kunjung kita ketahui berapa nilai bounty-nya, meski sudah termasuk karakter yang debut cukup lama.

Tak banyak yang kita ketahui mengenai sosok Benn Beckman ini. Yang pasti, dari sikap Kizaru yang tidak ingin macam-macam dengan Benn, bisa kita simpulkan Benn adalah orang yang cukup berbahaya. Ia disebut pula hampir setara dengan kaptennya, Shanks.

Tak hanya itu, Benn juga diberkahi IQ tertinggi di East Blue, sehingga kepintarannya tak perlu dipertanyakan lagi. Awalnya saya ingin memberi bounty 2,8 sampai 3 miliar belly kepada Benn. Namun bila berkaca dari nilai bounty Katakuri sebagai sesama komandan terkuat di bajak laut masing-masing, rasanya angka 2,4 miliar belly adalah angka yang realistis untuk Benn.

6. Marco the Phoenix 

(Perkiraan bounty: 2.000.000.000 ~ 2.200.000.000 belly)

Di posisi keenam karakter kuat yang belum diketahui jumlah nilai buronannya, adalah mantan komandan divisi pertama bajak kaut Shirohige, Marco the Phoenix. Marco adalah pemakan buah iblis tipe mythical zoan langka Tori Tori no Mi, Model: Phoenix.

Marco kita tahu pernah bertarung seimbang dengan Fleet Admiral Akainu, Admiral Kizaru, dan mantan admiral yang kini bergabung dengan Kurohige yakni Aokiji. Marco pun juga pernah ikut dalam perang besar seperti saat Shirohige melawan Roger, perang Marineford, hingga perang balas dendam melawan Kurohige.

Dari pertarungan tersebut, Marco kalah dalam perang Marineford dan kalah juga saat menghadapi Kurohige. Sementara pertarungan dengan Roger, kemungkinan tidak diketahui angkatan laut. Soal kekuatan, Marco punya kemampuan terbang dan kemampuan regenerasi yang mumpuni, bahkan bisa menyembuhkan teman.

Kelemahan Marco hanyalah batu laut atau haki lawan yang lebih tinggi, selain itu, belum diketahui cara lain untuk melawan Marco. Dengan itu, saya rasa nilai buronan Marco ada di kisaran 2 sampai 2,2 juta belly.

7. King the Wildfire

(Perkiraan bounty: 1.700.000.000 belly)

Nama terakhir dalam list ini adalah salah satu All Star bajak laut Beast milik Kaido, King the Wildfire. King sendiri cukup unik, sebab kemampuannya bisa dibilang cukup misterius ketimbang Jack dan Queen yang sudah banyak diperlihatkan skillnya.

Bounty Jack dan Queen pun sudah diungkap oleh Oda Sensei. Jack di angka 1.000.000.000 belly, sedangkan Queen di angka 1.320.000.000 belly. Bila menilik dari angka tersebut, harusnya bounty King ada di atas 1.320.000.000, namun juga tidak terlalu tinggi.

Bounty King pun saya nilai tidak akan melewati Marco, yang bisa jadi punya fame yang lebih mentereng apalagi setelah perang Marineford. Di atas 1,3 miliar belly dan di bawah 2 miliar belly, saya menakar angka 1.700.000.000 adalah angka yang cocok untuk seorang King.

***

Nah, itulah 7 karakter kuat yang nilai buronannya masih dirahasiakan oleh Oda Sensei, meski ada yang kekuatannya sudah sering ditunjukan seperti Marco. Bila ada pendapat, silakan sampaikan di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x