Mohon tunggu...
Steven Chaniago
Steven Chaniago Mohon Tunggu... Mahasiswa Komunikasi

Bila ingin memuat artikel untuk kebutuhan Fair Use, bisa menghubungi saya melalui Email di: kecengsc@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

"Super Parents" Sosialisasikan Optimalisasi PJJ kepada Orangtua Melalui Webinar

16 Desember 2020   09:51 Diperbarui: 16 Desember 2020   12:27 176 47 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Super Parents" Sosialisasikan Optimalisasi PJJ kepada Orangtua Melalui Webinar
Potret Berjalannya Webinar "How to be Super Parents"

Adanya wabah virus Covid-19 yang menyebar di Indonesia, membuat banyak bidang mau tak mau harus membatasi atau bahkan memberhentikan kegiatan sepenuhnya untuk sementara waktu. Salah satu lini yang terdampak dengan perubahan tersebut adalah bidang pendidikan.

Seluruh tingkatan dari Sekolah Dasar (SD) hingga jenjang Universitas, semuanya di larang menggelar pembelajaran tatap muka dengan alasan apa pun. Namun sebagaimana harusnya sebuah adaptasi, pasti timbul masalah baru yang tidak terjadi di sistem pembelajaran sebelumnya (tatap muka).

Permasalahan tersebut ialah bergesernya peran orang tua yang selama sekolah offline adalah fasilitator, kini di masa PJJ harus rangkap tugas menjadi fasilitator sekaligus tutor. Bagi orang tua yang anaknya sudah memasuki jenjang minimal SMP, permasalahan ini mungkin tidak begitu berarti. Namun untuk orang tua yang anaknya masih berada di bangku SD, permasalahan ini terasa cukup kentara.

Ditambah kurangnya sosialiasasi mengenai perubahan peran orang tua selama proses pembelajaran PJJ, banyak orang tua murid SD yang keteteran dalam menjalani peran sebagai fasilitator sekaligus tutor tersebut.

Meskipun sudah ada regulasi bahwa di semester depan akan diadakan hybrid learning, yakni sistem pembelajaran gabungan antara offline dan online, tak bisa dipungkiri ada sekolah yang masih harus menjalani sistem full online. Itulah mengapa kami merasa perlu untuk tetap melakukan sosialisasi ini, agar peran orang tua di semester depan dapat terlaksana dengan lebih optimal.

Maka dari itu, mahasiswa ilmu komunikasi President University berinisiatif mengadakan kampanye online yang bertujuan mengisi kurangnya sosialisasi tersebut. Hal tersebut lah yang akhirnya menjadi fondasi lahirnya "Super Parents", sebuah organisasi non-profit beranggotakan 7 mahasiswa yang bergerak di bidang parenting dan edukasi.

"Super Parents" sendiri rutin memposting konten tentang parenting dan edukasi di platform Instagram dengan username @SuperParents_2020 dan Facebook dengan username Super Parents. Tak hanya sekedar posting konten, "Super Parents" juga telah berhasil menyelenggarakan Instagram live mengenai kesiapan orang tua menghadapi pembelajaran tatap muka kembali di semester depan.

Selain itu, kegiatan yang baru saja terlaksana 12 Desember 2020 yang lalu, ada interaktif Webinar yang diselenggarakan oleh tim "Super Parents" dengan berkolaborasi bersama School of Parenting.

Webinar tersebut berjudul "How to be Super Parents" dengan mengambil tema dukungan orang tua selama masa PJJ, yang menghadirkan Putri Eka Siagiaan selaku mitra ahli School of Parenting. Putri secara garis besar menjelaskan tentang pentingnya peran orang tua selama proses PJJ dan yang diharuskan tatap muka di semester depan. Berikut 5 poin penting yang disampaikan Putri.

1. Tantangan vs Kesempatan Selama PJJ

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN