Mohon tunggu...
Steven Chaniago
Steven Chaniago Mohon Tunggu... Mahasiswa Komunikasi

Bila ingin memuat artikel untuk kebutuhan Fair Use, bisa menghubungi saya melalui Email di: kecengsc@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Bantu Orang Tua Adaptasi Online Learning, Mahasiswa President University Ciptakan "Super Parents"

4 Desember 2020   16:16 Diperbarui: 4 Desember 2020   16:33 126 34 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bantu Orang Tua Adaptasi Online Learning, Mahasiswa President University Ciptakan "Super Parents"
Illustrasi Logo Super Parents (koleksi pribadi)

Serangkaian proses sistem belajar virtual selama masa pandemi Covid-19 nyatanya tak hanya menyulitkan para pelajar saja, orang tua pun ikut terdampak, yang paling kentara tentu dari segi adaptasi.

Orang tua diwajibkan beradaptasi dengan proses belajar online, yang mana peran mereka kini tak lagi hanya sebagai fasilitator namun juga sebagai tutor. Ya, peran tutor yang dulunya hampir 90% bisa di handle oleh guru, kini tak lagi memungkinkan. Bisa dikatakan mustahil bagi seorang guru untuk memberikan perhatian khusus kepada setiap murid selayaknya proses belajar tatap muka. Selain karena terhalang jarak, waktu juga menjadi halangan para guru untuk melakukan hal tersebut.

Maka dari itu, peran tutor yang tak bisa dijalankan oleh guru, secara tidak langsung dan mau tidak mau, harus digantikan oleh orang tua. Namun pada pelaksanaanya, tidak sedikit orang tua kesulitan atau bahkan kurang memerhatikan peran krusial tersebut. Kurangnya sosialisasi kepada orang tua terhadap persoalan ini menjadi salah satu alasan utama kurangnya efektifitas PJJ

Menilik permasalahan ini, Mahasiswa Ilmu Komunikasi President University yang beranggotakan 7 orang bersama dengan dosen pembimbing mereka, Abhirama Swastyayana Dian Perdana, berinisiatif mengadakan sebuah kampanye online yang diberi nama Super Parents. Tujuan dari kampanye online ini adalah untuk membantu mengajak sekaligus mensosialisasikan segala informasi penting seputar belajar online, agar para orang tua tetap menjadi sosok yang hebat di mata anak mereka.

Sudah ada 12 konten yang diproduksi dan di publish melalui platform Instagram dan Facebook Super Parents. Konten ini berisikan berbagai informasi dan ajakan seperti, mitos dan fakta tentang belajar online, quotes soal parenting, serta field case dari beberapa orang tua yang sukarela berbagi pengalaman mereka.

Facebook dan Instagram Super Parents (koleksi pribadi)
Facebook dan Instagram Super Parents (koleksi pribadi)
Seluruh konten tersebut dapat Kompasianer temukan di Instagram dengan username @superparents_2020 dan Facebook dengan username Super Parents, seperti yang ada di gambar diatas. Selain 12 konten tersebut, masih ada banyak konten menarik lainnya yang sedang dalam tahap produksi. Salah satu konten utama yang baru saja terlaksana adalah sosialisasi mengenai Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) melalui live Instagram.

Live Instagram tersebut telah dilaksanakan pada tanggal 3 Desember 2020 dan dihadiri oleh dosen jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) President University, Ibu Grace Amialia Anfetonanda Neolaka, yang sekaligus menjadi narasumber dalam acara tersebut.

Ibu Grace berbincang mengenai banyak hal mulai dari pengalamannya selama membantu anak-anak yang kurang mampu, membahas perihal Pembelajaran Jarak Jauh, hingga menjawab pertanyaan interaktif dari para penonton.

Diharapkan, setelah mengikuti live Instagram bersama ibu Grace, baik orang tua maupun siswa dapat memaksimalkan proses pembelajaran jarak jauh dan sekaligus jadi ajang curhat massal bagi para orang tua yang terkadang membutuhkan teman bercerita.

Aktivitas yang diadakan Super Parents pun belum berhenti sampai disitu saja. Super Parents masih akan memposting beberapa konten informatif seputar parenting dan PJJ selama beberapa Minggu kedepan.

Puncak acara dari online campaign Super Parents adalah diadakannya online webinar melalui platform Zoom. Waktu serta tanggal pelaksanaan webinar akan segera diinfokan lebih lanjut di Instagram dan Facebook yang namanya tertera diatas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN