Mohon tunggu...
Steven Chaniago
Steven Chaniago Mohon Tunggu... Email: kecengsc@gmail.com

Mahasiswa Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Musik

Lagu Baru Via Vallen Terbukti Jiplak IU, Pencipta Lagunya Sebut Netizen Tidak Nasionalis

26 Oktober 2020   10:41 Diperbarui: 26 Oktober 2020   10:55 89 17 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lagu Baru Via Vallen Terbukti Jiplak IU, Pencipta Lagunya Sebut Netizen Tidak Nasionalis
Potret IU dan Via Vallen

Watak masyarakat Indonesia yang tak mau disalahkan dan ingin menang sendiri, terpampang nyata di kasus plagiarisme lagu baru Via Vallen.

2 hari yang lalu (24 November 2020), sedang ada isu panas yang ramai diperbincangkan publik. Hal tersebut menyangkut isu lagu baru Via Vallen yang berjudul "Kasih Dengarkanlah Aku" dengan menggandeng Dyrga Dadali sebagai teman duetnya.

Awalnya saya tak ingin ikut mengomentari isu tersebut, namun jiwa debat saya tersentil ketika membaca pernyataan sang pencipta lagu yakni Yuda Dadali, yang melontarkan "pembelaan" tidak masuk akal terkait lagu ciptaannya yang di takedown oleh YouTube setelah baru satu hari menjadi trending di platform tersebut.

Untuk teman-teman yang belom tahu duduk permasalahannya, jadi MV (Music Video) lagu baru Via Vallen yang berjudul "Kasih Dengarkanlah Aku" ternyata terbukti memplagiat MV "Above the Time" dari penyanyi asal Korea, Lee Ji-eun (IU). Jadi yang dipermasalahkan adalah MV dari Via Vallen, bukan lagu dan musiknya. Berikut beberapa kesamaan konsep dari MV IU dan Via Vallen.

Beberapa Adegan di MV Via Vallen yang Sama Persis Dengan MV IU
Beberapa Adegan di MV Via Vallen yang Sama Persis Dengan MV IU

Menyikapi hal tersebut, para Uaena (sebutan fans IU) Indonesia ramai-ramai melakukan report kepada YouTube terkait tuduhan konten plagiarisme yang ada di MV lagu Via Vallen tersebut. Bak gayung bersambut, YouTube pun akhirnya mengabulkan gugatan Uaena. Alhasil, MV yang sudah trending itupun di takedown dari YouTube.

Menyadari kesalahan dari timnya, Via Vallen pun buru-buru meminta maaf kepada publik. Tapi halnya dengan Yuda Dadali, pencipta lagu "Kasih Dengarkanlah Aku" tersebut, memberikan komentar dengan argumen yang cukup membuat banyak orang melongo.

"Akhirnya video klip trending di-takedown gua bingung mereka begitu militan bela artis luar negeri, miris banget, sedih, campur aduk, sudah mau tahun 2021 masih aja cinta produk luar, padahal gua yakin hanya segilintir aja yg ngerti bahasanya, semoga mereka cepat pintar dan kembali mencintai produk lokal" keluh Yuda. Komentar salah kaprah dari Yudha ini lah yang membuat saya greget dan ingin mengomentari kasus ini.

Pertama, Yuda Dadali gagal membedakan antara cinta produk lokal dan plagiarisme. Masyarakat disini bukannya tidak mencintai produk lokal, saya suka kok lagu Via Vallen. Tapi kalau hasil menjiplak ya tetap salah dong. Saya paham bahwa Yuda yang notabene menciptakan lagunya tidak memplagiat lagu dan musik IU, tapi Yuda seakan mengabaikan fakta bahwa MV lagu terbaru Via tetap menjiplak MV milik IU.

Kedua, dari sepenggal kalimat unggahan Yuda inilah menggambarkan watak dan perilaku orang Indonesia yang seakan ingin menang sendiri dan selalu membela diri, meskipun sudah terlihat jelas letak kesalahannya. Ini jugalah yang kadang membuat citra masyarakat Indonesia sebagai orang yang ramah.

Bila IU maupun agensinya melihat dan mendalami kasus ini, bukan tak mungkin hal yang lebih parah bisa menjangkit Via Vallen, Yuda sendiri, maupun pihak-pihak terkait lainnya. Kasus ini berpotensi mencoreng citra Indonesia lebih jauh setelah sebelumnya ada kasus salah serang virtual kepada Hong Da-bin (dprlive) dan kasus hate speech di kolom komentar Instagram resmi Vanuatu. Semoga masalah ini tak menyebabkan hal yang demikian.

Ketiga, Yuda terkesan menggiring opini publik seakan cinta produk lokal adalah keharusan, meskipun produk yang dihasilkan melalui cara yang salah sekalipun. Dalam hal ini, saya rasa publik bisa menilai sendiri.

Banyak netizen mengidolakan IU jelas karena prestasi, kerja keras, kepribadian, serta didukung oleh visual yang menawan. Bila produk lokal Indonesia (dalam hal ini selebriti) ingin juga didukung secara militan pleh rakyatnya sendiri, buktikan dengan karya, kerja keras dan kepribadian yang baik. Karena kalau visual tidak usah ditanyakan lagi, banyak kok selebriti Indonesia yang visualnya bisa bersaing di kancah Internasional.

Maka dari itu, sangat diharapkan untuk para penggiat industri hiburan agar selalu mengutamakan orisinalitas dan integritas dalam berkarya. Masyarakat bisa menilai kok, mereka akan mendukung figur yang memang pantas didukung, mau itu lokal atau pun Internasional.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x