Mohon tunggu...
Steven Chaniago
Steven Chaniago Mohon Tunggu... Email: kecengsc@gmail.com

Mahasiswa Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Mengatasi Toxic Relationship dengan Prinsip Komunikasi Interpersonal

14 Oktober 2020   18:23 Diperbarui: 18 November 2020   19:39 695 18 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengatasi Toxic Relationship dengan Prinsip Komunikasi Interpersonal
sumber gambar: PIXABAY/RobinHiggins

Toxic relationship adalah frasa yang cukup populer di kalangan remaja belakangan ini. Frasa ini pun biasa digunakan kepada pasangan yang menunjukan tanda-tanda hubungan yang tidak harmonis atau tidak mencerminkan bagaimana seharusnya suatu pasangan dalam suatu hubungan.

Toxic relationship sendiri diartikan www.alodokter.com adalah suatu hubungan tidak sehat yang dapat berdampak buruk pada kesehatan fisik maupun mental seseorang.

Menilik dari sudut pandang mahasiswa komunikasi, saya merasa bahwa toxic relationship dapat dicegah dengan memperdalam prinsip komunikasi interpersonal yang saya pelajari sewaktu berada di semester 4. 

Ada 4 penyebab toxic relationship yang dapat di counter dengan mendalami prinsip komunikasi interpersonal. Berikut 4 poinnya.

1. Komunikasi Satu Arah

Pola komunikasi yang benar dan menurut prinsip komunikasi interpersonal adalah komunikasi yang berjalan dua arah. Sedangkan pasangan dalam toxic relationship, biasanya hanya menjalani hubungan satu arah.

Perbedaannya, komunikasi satu arah berarti hanya satu orang saja yang aktif melakukan komunikasi sedangkan yang satunya acuh tak acuh. Sementara komunikasi dua arah, kedua orang sama-sama melakukan proses komunikasi yang membuat suatu hubungan menjadi jelas dan harmonis.

Potret Pasangan Dalam Toxic Relationship
Potret Pasangan Dalam Toxic Relationship

Dengan mempelajari komunikasi interpersonal, seseorang bisa menciptakan komunikasi dua arah dalam suatu hubungan meskipun pasangan pasif atau cenderung cuek dalam merespon. 

Ada cara menarik perhatian, mengalihkan perhatian, dan banyak lagi yang bisa diterapkan guna menghindarkan suatu hubungan agar tidak menjadi toxic relationship.

Misalkan apabila pasangan pria menyukai sepakbola, coba lakukan effort dan research sedikit-sedikit mengenai klub bola yang disukainya, siapa tau dia bisa tertarik. Hal yang sama berlaku untuk pria, cari apa yang pasangan wanita anda sukai. Misalkan dia menonton drakor, coba tonton drakor terkenal dan lakukan surprise kepada doi dengan bercerita mengenai alur cerita drakor. Dijamin si wanita bakal kaget dan langsung merespon positif usaha anda membuatnya tertarik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x