Mohon tunggu...
Steven Chaniago
Steven Chaniago Mohon Tunggu... Email: kecengsc@gmail.com

Mahasiswa Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Pilihan

Apa Itu Aegyo dan 5 Aegyo dari Twice yang Bikin Mimisan

11 Oktober 2020   12:20 Diperbarui: 11 Oktober 2020   12:30 112 17 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa Itu Aegyo dan 5 Aegyo dari Twice yang Bikin Mimisan
Potret 9 Personil TWICE (wallpaperaccess.com)

Untuk masyarakat awam yang bukan kpopers, mungkin frasa "Aegyo" masih terdengar asing di telinga. Tapi lain halnya dengan kpopers, "Aegyo" adalah salah satu yang cukup lekat dengan dunia idol kpop.

Aegyo sendiri berarti perilaku atau gesture dari idol kpop wanita/pria yang menunjukan sisi imut dan lucunya. Aegyo juga merupakan salah satu cara idol kpop melakukan fan service kepada fans mereka.

Tak hanya idol kpop saja yang kerap melakukan Aegyo, aktor/aktris drakor pun tak jarang melakukannya seperti Kim Ji Won, Park Seo Joon, Lee Jong Suk sampai Bae Suzy pernah melakukannya, baik diluar maupun didalam drama yang mereka bintangi.

Lantas kenapa saya memilih TWICE sebagai representasi Aegyo, bukan BlackPink yang mempunyai reputasi Internasional yang lebih baik? Ada 2 alasan setidaknya kenapa saya lebih condong ke TWICE daripada BlackPink.

Pertama, jelas karena perbedaan konsep yang mencolok. BlackPink mengusung tema girl crush yang fancy dan swag, sedangkan TWICE lebih girly dengan menonjolkan sisi imut dan lucu dari setiap membernya. Meskipun Jennie dan Jisoo beberapa kali menampilkan Aegyo memikat, tapi TWICE jelas lebih sering dan konsisten menampilkan Aegyo mereka.

Kedua, karena TWICE memang terkenal dengan reputasi mereka sebagai "Queen of Aegyo", yang dimana konsep Aegyo sangat cocok dengan tema girly yang diusung Nayeon dkk. 

Di sisi lain, BlackPink dalam MV, Instagram, maupun di beberapa wawancara, sangat jarang bertingkah imut dan manis layaknya TWICE, karena memang bertolak belakang dengan tema mereka yang swag.

Nah setelah tahu Aegyo itu apa, saya akan masuk ke 5 Aegyo legend milik TWICE yang bikin mimisan. Once (sebutan pendukung TWICE) udah bisa nebak?

1. Sha Sha Sha (Shy Shy Shy)

Fans kpop mana sih yang tidak tahu Aegyo sha sha sha milik Sana Minatozaki? Ya, hampir semua fans kpop terutama Once pasti sudah sangat familiar dengan Aegyo yang satu ini.

Aegyo sha sha sha sendiri populer sekitar 4 tahun lalu ketika lagu "Cheer Up" yang dirilis, dan bahkan Aegyo tersebut masih dipakai oleh Sana dalam beberapa kesempatan hingga saat ini.

Keimutan koreografi serta lucunya pengejaan kata "shy" yang menjadi "sha", membuat Sana benar-benar populer dan digilai banyak kaum pria. Sha sha sha pun turut membawa kontribusi besar untuk Sana dalam statusnya sebagai salah satu member TWICE paling populer hingga saat ini.

2. Kku Kku Kka Kka

Di urutan selanjutnya ada Aegyo legendaris dari member tertua TWICE yakni Im Nayeon dengan kku kku kka kka nya. Bagi yang belum tahu, kku kku kka kka adalah tiruan untuk suara bayi.

Aegyo tersebut tercipta saat TWICE menjadi bintang tamu di acara Running Man episode 398 yang tayang pada 28 April 2018 yang lalu. Saat itu Nayeon membuat acrostic poem untuk Kim Jong Kook, dan lahirlah Aegyo kku kku kka kka. Sontak Aegyo tersebut membuat semua anggota Running Man sampai kru pun tersipu malu akan keimutan Nayeon itu.

3. Cheese Gimbap

Sehabis sha sha sha, Sana kembali tampil memukai dengan Aegyo cheese gimbap miliknya. Aegyo ini secara spontan tercipta saat Sana sedang menjadi bintang tamu di variety show Knowing Brothers yang tayang pada 20 Mei 2017 yang lalu.

Sana yang saat itu sedang memainkan permainan tebak kata, diharuskan menebak kata cheese gimbap. Setelah berpikir beberapa saat, Sana mengucapkan kata cheese gimbap tersebut dengan penuh semangat dan ekspresi lucu serta menggemaskan

Kru dan para member Knowing Brother yang lain pun hanya bisa tersenyum salting setelah melihat ekspresi lucu Sana tersebut. Hingga kini, video yang ditayangkan di YouTube channel resmi JTBC itu sudah mengantongi sebanyak 11 juta penonton.

4. Nico Nico Ni

Member TWICE asal Jepang sepertinya memang diberkahi dengan keimutan yang luar biasa. Setelah Sana tampil dengan beberapa Aegyo manisnya, Momo pun tak ingin ketinggalan.

Momo mempopulerkan Aegyo Nico Nico Ni saat mengisi program Weekly Idol episode 261 dimana Heechul Super Junior (sekarang pacarnya Momo) menjadi MC di acara tersebut. Momo ditantang untuk membuat jantung Heechul berdebar agar bisa memenangkan games yang diberikan, dari situlah frasa Nico Nico Ni oleh Momo populer.

Seketika detak jantung Heechul naik drastis dan membuat publik heboh dengan kelucuan serta keimutan Momo saat memperagakan slogan dari karakter anime, Nico Yazawa. Bahkan, Irene dan Seulgi Red Velvet pun mempraktekan Aegyo serupa saat membintangi variety show yang sama.

5. Na-Yeon

Menurut saya, Aegyo "Na-Yeon" dari Im Nayeon adalah yang paling menarik hati dari 4 daftar Aegyo sebelumnya. Aegyo milik Nayeon ini pun sudah ada sejak ia berada di audisi JYP Entertainment yang bernama Sixteen.

Di video teaser dirinya, Nayeon menciptakan Aegyo apik menggunakan namanya sendiri. "Perempuan seperti saya, bagus untuk diajak berkencan" begitulah kata-katanya saat itu kalau diartikan ke dalam Bahasa Indonesia.

Saking cute-nya Nayeon saat menciptakan Aegyo tersebut, kru yang membantu pembuatan video itu sampai tertawa cekikikan melihat aksi Nayeon. Ya, saya juga selalu tertawa sendiri sih kalau melihat video itu hehehe.

***

Itu dia 5 Aegyo dari TWICE yang paling berkesan untuk saya. Teman-teman punya pendapat berbeda? Coba tuliskan di kolom komentar ya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x