Mohon tunggu...
Steven Chaniago
Steven Chaniago Mohon Tunggu... Email: kecengsc@gmail.com

Mahasiswa Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Pelaku Kasus Pelecehan di Bandara Naik Kelas dari Terlapor Jadi Tersangka

23 September 2020   07:41 Diperbarui: 23 September 2020   07:43 133 17 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pelaku Kasus Pelecehan di Bandara Naik Kelas dari Terlapor Jadi Tersangka
Potret Kekerasan Seksual/tribunnews.com

Cuitan akun @Listongs di Twitter yang mendadak viral dan menjadi trending topic mendapat respon baik dari kepolisian. Hal itu lantaran korban membeberkan kasus pelecehan dan pemerasan yang diterimanya dari salah satu oknum pelaksana rapid test di Bandara Internasional Soekarno Hatta terminal 3.

Kronologi kejadiannya sudah saya rangkum dalam artikel saya yang berjudul "Kronologi Pelecehan dan Pemerasan Terhadap Perempuan di Bandara Terminal 3". Namun singkatnya, korban dengan inisial LHI saat sedang melakukan rapid test di Bandara Internasional Soekarno Hatta, di rekayasa hasil tesnya oleh tersangka tanpa diketahui korban.

Tidak hanya hasil rapid test nya direkayasa, sang korban juga mendapatkan perlakuan yang tak senonoh dari oknum E yang mengaku sebagai dokter. Korban LHI dicium secara tiba-tiba serta diremas payudaranya.

Hal tersebut membuat korban sempat merasa trauma dan menangis sejadi-jadinya kepada sang pacar. Korban pun terlambat membuat laporan resmi kepada kepolisian akibat alasan pekerjaan.

Dilansir Liputan 6, Kompol Alexander Yurico menyatakan bahwa oknum E sudah dinaikkan statusnya dari terlapor menjadi tersangka.

Hal tersebut tentu menjadi angin segar bagi saudari LHI serta para wanita diluar sana, akhirnya kasus pelecehan seksual dapat ditangani secara serius oleh pihak yang berwajib.

Pergerakan cepat pihak kepolisian juga sekali lagi menunjukan dahsyatnya the power of netizen. Ya, netizen membuat cuitan LHI di medsos Twitter menjadi trending topic dengan retweet yang mencapai lebih dari 20 ribu dan likes lebih dari 50 ribu. Masyarakat berharap, kasus serupa dapat ditangani dengan sigap oleh kepolisian, bukan hanya yang menjadi trending saja.

Berita terkini, Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perlindungan Anak (P2TP2A) sedang memastikan apakah korban LHI mengalami trauma atau tidak pasca kejadian tak menyenangkan yang menimpanya. Kita tentu berharap yang terbaik untuk saudari LHI kedepannya, serta pelaku dapat dihukum dengan seberat-beratnya.

Apresiasi sebesar-besarnya juga saya sampaikan kepada saudari LHI yang berani menyuarakan ketidakadilan yang diterimanya. Hal ini pun akan sangat membantu orang-orang yang ingin bepergian melalui pesawat, terutama yang melakukan rapid test di bandara. Baik dalam hal pelecehan maupun pemerasan, suara LHI sudah selayaknya kita acungi jempol.

Semoga dengan adanya berita ini orang-orang menjadi tersadar untuk tak menjadikan wanita sebagai objek pemuas nafsu, apalagi oleh pelayan publik seperti dokter maupun profesi lainnya. Stay Stay and Stay Healthy

VIDEO PILIHAN