Mohon tunggu...
Steven Chaniago
Steven Chaniago Mohon Tunggu... -

Rookie Learn to Fly~

Selanjutnya

Tutup

Fesyen Pilihan

Pengaruh Drama Korea terhadap Perkembangan Trend di Indonesia

16 September 2020   07:48 Diperbarui: 16 September 2020   07:54 152 16 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengaruh Drama Korea terhadap Perkembangan Trend di Indonesia
Tata Janeeta dan Hyun Bin/tagar.id

Drama Korea tak bisa dipungkiri sudah menjadi tontonan favorit remaja masa kini. Bahkan, banyak orang tua kini sudah mulai ikut-ikut keasyikan menonton drakor dikarenakan beberapa judul ditayangkan oleh stasiun televisi nasional.

Pertumbuhan minat menonton drakor pun berjalan beriringan dengan semakin bergesernya pilihan trend masyarakat Indonesia. Ya, sebelumnya fokus trend kaum +62 kebanyakan berpatokan pada budaya barat.

Namun belakangan, banyak trend baru bermunculan yang setelah ditelaah ternyata mengambil referensi dari drama korea. Trend apa sajakah itu? Berikut 5 list nya.

1. Hairstyle

Park Seo Joon/metro.style
Park Seo Joon/metro.style

Hayo ngaku, siapa yang diam-diam mencoba model rambut chestnut haircut ala Park Seo Joon seperti foto diatas? Ya, momen PSBB ini kerap kali digunakan masyarakat Indonesia untuk mencoba gaya rambut baru yang out of the box tersebut.

Setelah melihat beberapa model rambut tersebut digunakan oleh beberapa teman saya dan dipamerkan melalui Instagram story mereka, seketika saya langsung notice bahwa style rambut tersebut adalah milik Park Seo Joon kala membintangi drama Itaewon Class.

Sejatinya, tak hanya chestnut haircut saja yang trending di Indonesia belakangan ini. Gaya quiff haircut, curtain haircut, dan two block haircut adalah beberapa model rambut yang dipopulerkan oleh aktor K-drama seperti Lee Jong Suk dan Park Bo Gum.

2. Budaya Makan Ramyeon/Ramyun

Kalau trend yang ini sih, sudah populer dari beberapa tahun yang lalu di Indonesia. Scene legendaris makan ramyeon/ramyun, hampir selalu ada di setiap drama korea dan ternyata cukup menarik minat masyarakat Indonesia.

Hal ini terbukti dari banyaknya merek mie instan asal Korea ini di supermarket maupun minimarket di Indonesia. Walaupun kebanyakan ramyeon mempunyai rasa yang pedas, tapi tak mengurangi minat masyarakat Indonesia mencobanya. Malah, hal tersebut menjadi daya tarik dikarenakan lidah orang Indonesia yang cinta pedas.

Tak pula orang-orang yang memakan ramyeon tersebut langsung dari pancinya, persis seperti yang ada di tayangan drama korea. Hal ini disinyalir agar mereka dapat menghemat barang-barang yang harus dicuci (tidak perlu mencuci piring).

3. Bahasa Sehari-Hari

Entah kita sadari atau tidak, Bahasa Korea semakin lekat saja dengan Bahasa Indonesia yang kita pakai sehari-hari.

Tidak percaya? Coba deh perhatikan anak-anak muda terutama perempuan ketika sedang berkumpul. Pasti ada beberapa dari mereka yang menyelipkan kosakata Korea dalam percakapannya. Seperti "Annyeonghaseyo" yang artinya Halo.

Tak hanya itu saja, ketika marah pun kadang-kadang mereka hanya mengucapkan "Aishh" atau "Aigoo" sebagai ungkapan kekesalan mereka, sama persis seperti ketika aktor atau aktris Korea yang sedang marah. Dua kalimat tersebut juga dapat teman-teman pakai loh untuk mengganti kata "Anjay" yang rencananya mau dilarang.

4. Fashion

IU, Son Ye Jin, dan Park Min Young/womantalk.com
IU, Son Ye Jin, dan Park Min Young/womantalk.com

Ya, dari segi fashion memang perkembangannya di Indonesia tak terlalu tampak dikarenakan jacket dengan bawahan panjang khas Korea, tak begitu cocok dipakai di Indonesia yang cenderung panas.

Namun tetap saja, masyarakat Indonesia sudah berangsur-angsur mencicil lemari mereka dengan busana santai khas negeri ginseng tersebut. Beberapa atasan bernuansa cerah, bawahan jumpsuit atau rok sedikit dibawah lutut, dipadukan dengan dengan sepatu converse memberikan teman-teman outlook yang fresh ala aktris drakor.

Beberapa influencer alias selebgram di Indonesia pun tampaknya sudah mulai jatuh hati dengan pakaian dengan style Korea. Beby Tsabina dan Tiara Andini adalah dua dari sekian banyak wanita yang terlihat feminin dengan paduan gaya Korean style. Buat teman-teman di Indonesia yang mau mencontek gaya Beby dan Tiara, bisa langsung menuju laman Instagram mereka masing-masing biar bisa tampil ala-ala aktris drama korea.

5. Aksesoris

Teman-teman pencinta drakor, pasti sudah hafal sekali dengan aksesoris khas Korea. Ya, tema aksesoris dari aktris Korea biasanya mengambil warna-warna yang cerah dan muda. Pilihan warna tersebut digunakan agar mempertebal citra mereka sebagai pemilik kulit gelas (putih dan bening).

Mulai dari kalung, gelang, anting-anting, sampai cincin biasanya berwarna peach, pink muda, putih, dan emas. Warna tersebut seolah menjadi ciri khas bagi aktris Korea yang mempunyai warna kulit senada. Untuk warna gelap sendiri, jarang kita temukan dalam aksesoris dari Korea selain warna hitam.

Tak hanya wanita loh, aksesoris Korea juga ternyata nge-trend di kalangan remaja pria. Banyak yang tertarik memakai cincin hitam di jari atau tindik di telinga mereka seperti yang dilakukan Bobby Ikon, Hyunjin Stray Kids, V BTS, dan JB Got7.

***

Itulah 5 trend drama korea yang sedang marak di Indonesia. Kamu salah satu pengikutnya?

Baca Juga: "Plot Drama Korea 50% Sama, Kenapa Masih Diminati?"

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x