Mohon tunggu...
Steven Chaniago
Steven Chaniago Mohon Tunggu... -

Rookie Learn to Fly~

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Cara Memanfaatkan Insentif Pemerintah dengan Maksimal

6 Agustus 2020   17:06 Diperbarui: 6 Agustus 2020   17:08 39 4 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Memanfaatkan Insentif Pemerintah dengan Maksimal
Sumber: ekonomi.bisnis.com

Tips memanfaatkan insentif pemerintah secara maksimal.

Nama Sri Mulyani yang merupakan Menteri Keuangan Indonesia, sedang ramai ramainya diperbincangan warganet. Bagaimana tidak, pernyataan beliau pada konferensi pers yang dilaksanakan pada hari Rabu kemarin menimbulkan banyak pro dan kontra.

Sri Mulyani mengatakan "Pemerintah sedang mengkaji persiapan pemberian bantuan gaji kepada 13 juta pekerja yang memiliki upah di bawah Rp 5 juta". Hal ini diperjelas oleh Ketua Pemulihan Ekonomi Nasional, Erick Thohir, yang mengatakan pemerintah berencana memberikan insentif sebesar 600.000 per bulan selama 4 bulan. Walaupun menimbulkan pro dan kontra, namun kebijakan ini cepat atau lambat pasti akan terealisasi.

Maka dari itu, alangkah baiknya jika saya meng-share apa saja yang bisa dilakukan dengan uang 2,4 juta yang akan diberikan melalui 2x transfer tersebut.

1. Usaha Online Shop

Usaha online shop memang tidak segampang yang dipikirkan banyak orang. Namun, apa salahnya dicoba daripada uangnya habis begitu saja kan?
Usaha Online Shop yang paling mudah tentu saja berjualan makanan.

Tidak usah jauh jauh, setidaknya coba sasar market yang berada dalam satu kota dengan kalian. Makanan yang dijual pun bisa bervariasi, bisa catering, makanan ringan, makanan traditional, maupun makanan luar negeri yang bisa dibuat dengan gampang contohnya Churros. Nah untuk menyiasati kalau-kalau kamu takut usahamu tidak laku, coba pakai sistem pre-order. Jadi, kamu hanya membuat makanannya bila ada yang memesan saja. Sangat simpel kan?

2. Buka Warung Kecil Kecilan

Usaha ini sendiri lebih cocok dilakukan oleh para pekerja yang sudah mempunyai Istri, namun hanya menjadi ibu rumah tangga. Uang subsidi 2,4 juta bisa dibelikan makanan ringan, atau dibelikan bahan makanan, untuk membuat makanan seperti pempek, risoles, nasi uduk, dll. Cukup pasang satu atau dua meja di depan rumah dan beberapa kursi serta payung untuk melindungi Istri dan jualannya agar tidak terkena panas. Dengan begitu, uang 2,4 jutanya bisa diputar dan tidak lenyap begitu saja.

3. Belikan Barang yang Bisa Menunjang Kinerja Kerja

Memang agak sulit menginvestasikan uang 2,4 juta pada alat penunjang kinerja kerja. Namun pada kenyataanya justru banyak orang yang kehilangan banyak uang, lantaran tidak membeli alat/barang yang dapat menunjang performa kerjanya. Ambil contoh, anda adalah seorang pekerja yang sehari hari menggunakan motor. Motor anda sudah hampir 1 tahunan tidak di service atau diganti spareparts nya, karena anda lebih memilih berhemat. Nah, inilah saatnya, gunakan uang insentif 2,4 juta tersebut untuk meng-service motor anda demi menunjang performa anda.

Bayangkan, bila anda terjatuh karena performa motor anda tidak optimal, kan bisa panjang urusannya. Pekerjaan mu jadi terhambat, dan bahkan bisa-bisa kamu harus bolos kerja untuk memulihkan lukamu. Jadi, pikir pikir lagi ya kalau beranggapan tidak penting untuk menginvestasikan uang 2,4 juta tersebut di alat penunjang kerja kalian.

Jadi teman-teman, mari kita beri applause kepada Menteri Keuangan kita Sri Mulyani yang berinisiatif memberikan dana bantuan kepada pekerja dengan gaji dibawah 5 juta. Namun jangan lupa, daripada uangnya dibelikan makanan atau bahkan rokok, mending uangnya diputar agar kedepannya tidak terus bergantung kepada pemerintah. Semoga Bermanfaat.

VIDEO PILIHAN