Mohon tunggu...
Rizky Setiadi
Rizky Setiadi Mohon Tunggu... Masyarakat Biasa

Seorang pemuda biasa yang berprofesi sebagai Content Creator, gemar berbagi ide/cerita , suka bertukar informasi, dan bukan penggila uang.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Efek Jangka Panjang Rokok Elektrik, Apa Saja?

6 Desember 2019   16:07 Diperbarui: 6 Desember 2019   17:42 728 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Efek Jangka Panjang Rokok Elektrik, Apa Saja?
Juul Pods | Source: juul.id/id

Upods adalah nama merek perangkat vaping kecil yang menyerupai USB flash drive. Ini adalah merek ritel e-rokok terbesar di Amerika Serikat dengan hampir 70 persen pangsa pasar rokok elektrik. Salah satu alasan yang sering dikutip untuk popularitasnya, terutama di kalangan remaja adalah berbagai solusi penguapan rasa, seperti mint, mangga, dan rasa buah lainnya.

Zat apa yang dikandung Upods?

Kebanyakan orang mengerti bahwa rokok tradisional mengandung nikotin. Tapi e-rokok juga, dan tidak semua orang menyadarinya.

Nikotin

Banyak remaja dan dewasa muda tidak tahu e-rokok mengandung zat pembentuk kebiasaan ini. Menurut sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam Tobacco Control, 63% orang berusia antara 15 dan 24 tidak menyadari bahwa isi dalam liquid Upods mengandung nikotin.

Upods Labs menyatakan bahwa isi dalam liquid Upods adalah campuran eksklusif, tetapi kita tahu itu mengandung nikotin. Tidak hanya mengandung nikotin, tetapi beberapa liquid sebenarnya memiliki kandungan nikotin yang lebih tinggi daripada banyak jenis e-rokok lainnya.

Beberapa buah Upods mengandung 5% nikotin berdasarkan berat, Itu dua kali lebih banyak dari jenis e-rokok lainnya. Bahaya menggunakan produk yang mengandung nikotin adalah bahwa pengguna dapat mengembangkan ketergantungan dan mengalami kesulitan mengguncang kebiasaan itu.

Plus, jika Anda mencoba untuk berhenti menggunakan produk yang mengandung nikotin, Anda dapat mengalami gejala penarikan. Anda mungkin merasa sangat mudah tersinggung, atau mungkin merasa cemas atau bahkan tertekan jika Anda tidak dapat memuaskan keinginan Anda untuk melakukan vaping.

Bahan-bahan lainnya

Selain nikotin, bahan lain dalam larutan pod Upods khas meliputi:

- Asam benzoat. Ini adalah pengawet yang sering digunakan sebagai aditif makanan.
- Campuran propilen glikol dan gliserin. Ini adalah pelarut pembawa yang digunakan untuk membuat uap bening ketika larutan memanas.
- Penyedap rasa. Ini kemungkinan terbuat dari bahan alami dan sintetis. Namun, Upods tidak menentukan apa yang termasuk dalam beberapa rasanya.
- Para ahli belum yakin tentang risiko vaping jangka panjang. Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam Tobacco Control menunjukkan kurangnya data yang memadai tentang inhalasi zat ini dalam jangka panjang.

Ringkasan

Upods mengandung nikotin, meskipun banyak orang tidak menyadari fakta ini. Beberapa buah Upods mengandung nikotin hampir dua kali lipat dari jenis e-cigs lainnya. Selain nikotin, Upods juga mengandung bahan-bahan lain, seperti asam benzoat, propilen glikol, gliserin, dan zat-zat yang menciptakan rasa berbeda.

Apakah ada efek samping dari merokok Upods?

Anda mungkin akrab dengan efek samping dari merokok tembakau tradisional. Merokok dapat merusak paru-paru dan saluran udara dan berkontribusi terhadap penyakit jantung. Ini dapat mempersempit pembuluh darah Anda dan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi sambil menurunkan kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

Memang benar bahwa Anda tidak akan mengalami efek yang sama persis dari vaping. Anda tidak secara fisik menyalakan rokok dengan nyala api untuk menyebabkan apa yang sering disebut racun pembakaran. Tetapi, menggunakan rokok elektrik Upods masih dapat memiliki efek samping.

Source : rumahpods.com
Source : rumahpods.com

Cedera paru terkait vaping

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x