Mohon tunggu...
Stevanus Banu
Stevanus Banu Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

Mahasiswa universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Belajar bersama Wikimedia Indonesia

21 November 2018   03:59 Diperbarui: 21 November 2018   04:22 103
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Siang itu kelas begitu ramai, tidak seperti biasanya. Saat itu saya mengikuti kelas Jurnalisme Multimedia, yang dilaksanakan di ruangan Lab. Komputer milik Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Saya datang sedikit terlambat, kira-kira 3 menit setelah jam kuliah yang ditetapkan kampus. Karena sudah terlambat saya langsung saja menempelkan ibu jari saya pada mesin finger print, mesin pencatat kehadiran mahasiswa pengganti kertas absensi seperti 5 tahun lalu. Setelah melakukan finger print (begitu kami biasa menyebut absen kehadiran) saya melihat ada satu buah kamera yang sudah disambungkan ke tripod di bagian belakang kelas.

Ada pertanyaan yang melintas dikepala saya tentang keadaan kelas yang tidak biasa itu, tapi saya mengurungkan niat untuk bertanya. Pertanyaan itu hanya tersimpan dalam pikira saya. Saya duduk di bagian belakang waktu itu, sebelum teman satu kelompok saya meminta untuk duduk bersama dibagian depan. Setelah saya pindah dan komputer saya hidupkan, kuliah dimulai.

Pertanyaan saya diawal terjawab pada saat kuliah dimulai. Ada satu orang asing berdiri di depan kelas, membelakangi layar proyektor. Saya belum pernah meliah wajahnya, baik di kelas dan di kampus. Ia mulai memperkenalkan diri, namanya adalah Cahyo Ramadhani. Ia adalah seorang kontributor dari Wikimedia Indonesia. Cahyo datang ke kelas saya atas permintaan dosen saya untuk kelas Jurnalisme Multimedia, Yohanes Widodo atau biasa dipangging Mas Boi. Cahyo diminta untuk memberikan pelatihan menulis di Wikipedia oleh Mas Boi.

Saat itu Cahyo tidak datang sendiri ada beberapa temannya yang ikut untuk membantunya. Ada sekitar kurang lebih 6 orang yang ikut menemani Cahyo, mereka juga kontributor untuk Wikimedia Indonesia.

Wikimedia adalah sebuah gerakan yang memiliki misi untuk memberikan konten edukasi secara gratis keseluruh dunia. Wikimedia berada dibawah sebuah organisasi non-profit yang bernama Wikimedia Foundation. Ada beberapa Organisasi yang berada dibawah naungan Wikimedia antara lain adalah Wikipedia, Wikiquotes, Wikisources, Wikispecies, dll. Keseluruhan organisasi dibawah Wikimedia ini didanai oleh Wikimedia Foundation sebagai induk mereka.

Wikimedia Foundation berdiri pada tahun tahun 2003 dan bermarkas di Florida, Amerika. Di Indonesia Wikimedia memiliki mitra lokal dengan nama Wikimedia Indonesia. Wikimedia Indonesia berdiri pada tahun 2008 dan didirikan oleh 19 wikipediawan bahasa Indonesia. Wikimedia Indonesia memiliki tujuan untuk memberikan dorongan untuk pertumbuhan, perkembangan, dan penyebaran pengetahuan dalam Bahasa Indonesia. Tidak hanya dalam Bahasa Indonesia, Wikimedia Indonesia saat ini sedang mengusahakan Wikipedia dalam bahasa lokal yang ada di Indonesia.

Setelah memperkenalkan diri, menjelaskan maksud dan tujuan mereka datang ke Kelas pada waktu itu. Cahyo kemudian menjelaskan pada saya dan teman-teman tentang bagaimana mahasiswa seperti kami dapat berkontribusi di Wikipedia bahasa Indonesia.

Dalam pelatihan hari itu Cahyo menjelaskan, ada beberapa aturan penting yang harus dilakukan dalam menulis artikel untuk Wikipedia.

  • Penulis dilarang melakukan plagiarisme dalam menulis artikel karena akan melanggar hak cipta. Artikel yang ditulis harus disertakan refrensi yang kredibel dan dapat diverfikasi oleh pengguna lainnya.
  • Setiap refrensi yang digunakan pada artikel yang ditulis harus menggunakan refrensi yang telah diterbitkan sebelumnya.
  • Artikel yang ditulis juga harus dalam bentuk kalimat deskriptif dan bukan berbentuk poin-poin.
  • Paragraf pertama dalam artikel harus berupa definisi terntu tentang pembahasan yang akan ditulis.

Minggu lalu sebelum Cahyo dan teman-temannya datang ke kuliah saya, Mas Boi memberikan tugas pada saya dan teman-teman untuk menulis sebuah artikel di Wikipedia. Kemudian, pada hari pelatihan itu, Cahyo meminta saya dan teman-teman untuk membuka artikel yang telah saya dan teman-teman tulis di wikipedia. Kemudian ia meminta saya dan teman-teman untuk menyunting artikel yang telah kami tulis sendiri.

Pukul 12.15, kami selesai menyunting. Dengan berakhirnya tugas menyunting saya, berakhir pula pelatihan kali itu. Kelas hari itu cukup menyenangkan, selain mendapat ilmu untuk menulis di Wikipedia, kami juga diberikan pelatihan untuk langsung menerapkan ilmu yang sudah diajarkan oleh Cahyo dan teman-teman.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun