Mohon tunggu...
Stevanus Adriano
Stevanus Adriano Mohon Tunggu... POLTEKIP

POLTEKIP

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Peran Revolusi 4.0 di Tengah Pandemi Covid-19

27 April 2021   16:48 Diperbarui: 27 April 2021   17:09 223 1 0 Mohon Tunggu...

Abstrak : Berawal dari menyebarnya virus yang berasal dari China tepatnya Wuhan yaitu Corona Virus Disease 2019 atau bisa disebut dengan COVID-19  , seluruh  negara di dunia terkena dampaknya dan mengalamai krisis besar . Penyebaran virus yang cepat membuat virus ini berhasil menyerang 3.634.405 orang di seluruh dunia pada awal tahun 2020 . Tak terkecuali negara Indonesia , dengan adanya situasi pandemic COVID-19 ini , pemerintah mulai membuat kebijakan baru dalam upaya pencegahan menyebarnya virus corona ini . Salah satu kebijakan baru itu adalah work form home atau bekerja dari rumah , bahkan kegiatan seperti beribadah pun dilakukan dirumah . Dengan adanya kebijakan itu maka semua dilakukan dengan serba digital dan online .  Banyak layanan baru yang bermunculan untuk memberikan layanan berbasis online , dan inilah yang disebelumnya telah di pikirankan sebagai bagian dari revolusi industry 4.0

PENDAHULUAN

Revolusi industri merupakan perpaduan dari teknologi cyber dan teknologi otomatisasi yang dibantu dengan teknologi informasi dalam proses mengaplikasikannya . Dengan adanya revolusi industry ini , keikut sertaan manusia dalam melakukan pekerjaan akan semakin berkurang, karena tenaga mereka akan tergantikan dengan teknologi baru yang tentunya canggih dan semakin memudahkan dalam kegiatan menghasilkan sesuatu . Namun dari revolusi industri ini juga , masyarakat akan merasakan manfaatnya . Segala kegiatan mereka akan selesai dengan cepat ketika menggunakan komponen dari revolusi industri yang telah ada.

Pada suasana pandemic COVID- 19 yang terjalin, tanpa disadar sanggup bawa warga masuk kedalam area yang serba digital. Apalagi sebab COVID- 19 ini kerutinan warga juga berganti. Semula yang hendak bekerja wajib mengendarai kendaraan, menempuh ekspedisi yang lama, tetapi saat ini dapat dicoba di rumah. Dunia pembelajaran juga merasakan akibat dari pandemic ini, semacam yang dahulu wajib tiba ke sekolah ataupun kampus, mengumpulkan novel di meja guru, tetapi saat ini cuma lewat microsoft word ataupun di gambar kemudian telah dapat dikumpulkan lewat gadget yang mutahir. Perihal itu yang membuat pertumbuhan revolusi 4. 0 terus menjadi melesat.

Dengan terdapatnya keadaan yang semacam ini, warga paling utama pemangku kepentingan di dunia pembelajaran, usada serta pemerintahan wajib mengestimasi serta menggunakan secara termat supaya tidak memunculkan akibat kurang baik. Pada suasana dikala iniwarga serta pemerintah dapat bekerja sama dalam memajukan pembangunan buat bersaing dengan negeri lain memalui revolusi 4. 0. Dimana Indonesia terbilang sedikit tertinggal dengan negara- negara yang lain, tetapi dengan suasana dikala ini Indonesia hendak sanggup megembangkan serta menggunakan pertumbuhan dari revolusi 4. 0 ini.

           

PEMBAHASAN

Pada masa pandemic saat ini , secara tidak langsung masyarakat menuju kearah perubahan. Perubahan yang tidak pernah terduga datangnya , namun masyrakat harus siap dan menyesuaikan akan tidak tertinggal . Apalagi pada situasi yang menuntut masyarakat untuk tetap berada dirumah. Gerak masyarakat dibatasi oleh kebijakan baru yang dibuat agar penyebaran virus corona ini melambat dan angka yang terjangkit akan semakin menurun . Hal itu membuat semua bidang industry harus merubah pola pekerjaan mereka . Bahkan kebiasaan mereka pun akan berubah dengan adanya situasi pandemic saat ini . Namun hal itu tidak akan sulit jika mereka bisa mengendalikan dan menggunakan kesempatan ini dengan baik .

Diambil dari sisi positifnya , mereka akan semakin canggih dalam dunia teknologi . Mereka tidak akan menghabiskan waktu mereka di jalan untuk menuju suatu tempat . Hanya mengakses dari gadget , mereka akan mendapatkan apa yang mereka inginkan . Seperti contohnya membeli barang online , mereka hanya perlu e-commerce maka mereka akan bisa membeli barang yang mereka butuhkan dengan cepat tanpa keluar dan tentunya ikut andil dalam mengurangi penyebaran virus covid-19 ini . Kemudahan itu semakin membantu masyarakat dalam beraktivitas , segenap tenaga pendidikan , pekerja kantor , pemerintahan akan terbiasa beraktivitas dari rumah meggunakan teknologi yang ada .

Tentunya hal itu dikarenakan adanya revolusi industri yang berperan penting dalam perubahan ini . Masyarakat yang cerdik dan cermat akan memanfaatkan kesempatan ini untuk menikmati perubahan dari revolusi ini . Bahkan bisa dibilang bahwa situasi saat ini adalah pintu awal untuk revolusi industry berkembang pesat apalagi para generasi muda yang disebut millennial sudah melek akan teknologi , tentunya mereka akan tidak sadar telah ikut serta dalam pengembangan revolusi industry ini .  Perihal yang terjadi dikala ini tentunya diluar dari rencana , tetapi tetap dapat dilakukan untuk mempercepat digitalisasi di semua aspek dalam kehidupan . Dilihat dari pola kehidupa sehati-hari masyarakat sekarang sudah mulai berubah , hal itu membuktikan bahwa revolusi industry sudah berhasil berkembang dan digunakan oleh masyarakat. 

Dengan adanya pandemi ini maka bisa dipastikan 5-10 tahun kedepan , semua masyarakat akan melek dengan teknologi , semua aktivitas dilakukan secara online menggunakan teknologi . Bahkan seseorang akan bisa menciptakan perusahaan tanpa membangun sebuah kantor karena karyawannya bisa bekerja dari rumah. Hal ini yang menjadi tujuan dari revolusi industry  , membuat perubahan . Sehingga pandemi dan revolusi industri ini saling menguntungkan dan ikut andil dalam perubahan . Mungkin saja jika tidak terjadi pandemic seperti saat ini , perkembangan revolusi industry akan memerlukan waktu yang lama . Dan jika saat pandemic ini tidak ada revolusi industi , maka masyarakat tentunya akan kesulitan dalam melakukan kegiatan mereka yang dibatas oleh peraturan pemerintah .

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN