Mohon tunggu...
Stephani Getta
Stephani Getta Mohon Tunggu... Freelancer - Apa saja yang ada di kepala ditulis

lebih suka berimajinasi

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

(Mungkin) Saya sedang Kewalahan

20 September 2022   13:32 Diperbarui: 20 September 2022   13:41 72 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Halo, saya ingin bercerita. Sepertinya saat ini saya sedang kewalahan. Kewalahan akan informasi yang saya konsumsi. Internet dan media menyediakan apapun yang ingin kita ketahui. Belum lagi kasus dan fenomena yang saat ini mudah viral tanpa saringan. Tidak ada saringan yang benar-benar bisa membuat informasi layak dan cukup baik untuk dikonsumsi. 

Kebanyakan masih mentah dan tidak diolah. Saringan tak lagi berlubang kecil, padat dan rapat. Lubangnya terlalu menganga sehingga apa yang seharusnya dibuang juga ikut masuk untuk dikonsumsi. Informasi tidak bisa lagi ditahan. 

Akan selalu ada celah untuk dimasuki dan akhirnya bocor. Kini sulit untuk bisa percaya. Karena pasti dan akan selalu ada celah. Celah itu kadang diisi opini yang akhirnya menggiring isi kepala, padahal tak seharusnya demikian.

Jangan sampai tertinggal informasi, begitu kata banyak orang. Terlalu banyak hal yang dipaksakan masuk ke dalam kepala hingga kadang lupa ada hati yang masih harus diisi dengan simpati. 

Sibuk mengisi kepala orang lain dengan informasi, melupakan hati nurani yang seharusnya berperan di depan. 

Sibuk menjadi yang terdahulu mengetahui dan menyebarkan, melupakan hati nurani yang seharusnya bisa menjaga perasaan. Betapa saya hari-hari ini dimudahkan dengan fasilitas sehingga semuanya serba cepat. Ini juga kutukan. 

Begitu cepatnya hingga saya kewalahan. Begitu banyaknya hingga saya overdosis. Begitu mudahnya hingga saya terlena.

Lama kelamaan ini tidak normal. Sekali lagi, ini untuk saya.

Dulu, mudah sekali berkhayal tentang sesuatu. Kini, saya harus berjuang untuk bisa fokus melamunkan sesuatu. Hari-hari terasa ringan dan mudah karena tidak banyak yang berdesakan berebut masuk dan mengisi terlebih dahulu. Saatnya diet informasi. Diet ingin tahu berlebih.

Menghidupi dan mengisi dengan hal-hal yang mungkin saat ini dibilang tradisional seperti melamun, membaca buku, atau menulis seperti ini. Salah siapa? Tak ada yang salah, semua memang harus bergerak maju, lebih baik, tapi harus dikelola dengan bijak.

Terima kasih banyak untuk segala kemudahan, selamat datang kembali kebiasaan-kebiasaan baik yang terlewat diabaikan. Mari bekerja sama dengan porsi-porsi yang seharusnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan