Travel

Ini Tips Liburan Murah Meskipun dengan Dompet Tipis

6 Desember 2018   20:01 Diperbarui: 6 Desember 2018   20:23 107 0 0

Setelah memasuki bulan terakhir di tahun 2018, tentunya kalian tidak ingin menyia -- nyiakan waktu untuk liburan kan ? namun, apa daya jika dompet tipis? Terutama bagi para pelajar dan mahasiswa. Berikut ini saya akan memberikan tips bagaimana cara liburan murah meriah dan pas untuk kantong pelajar dan mahasiswa.

Pantau selalu promo tiket dan hotel
Tidak dapat dipungkiri, dijaman modern seperti sekarang, berpergian menggunakan pesawat keluar kota ataupun keluar negeri sudah menjadi hal yang biasa. Namun, terkadang harga yang ditawarkan kurang bersahabat untuk kantong para pelajar dan mahasiswa. Oleh sebab itu, pantau selalu promo yang disediakan oleh beberapa agent, website, ataupun maskapai pesawat itu sendiri, terkadang harga yang ditawarkan bisa sampai setengah dari harga aslinya. Hal ini tentu sangat menakjubkan bukan? Oleh sebab itu, pantau selalu promo yang berlangsung.

Jangan terburu -- buru
"Wah lebih baik langsung dibeli!". Pemikiran seperti ini harus dihindari. Cobalah untuk bersabar dan menunggu dan jangan lupa untuk membandingkan harga tiket ataupun hotel dengan agent ataupun website yang lainnya karena terkadang adanya perbedaan harga atau promo yang sedang berlangsung membuat harga menjadi lebih murah. Walaupun selisih sedikit, namun lumayan lho!

Tentukan destinasi yang diinginkan
Tentukan destinasi yang diinginkan sejak awal. Jangan mengubah destinasi jika sudah membeli tiket pesawat ataupun sudah memesan hotel, karena hal ini sangat membuang waktu dan uang. Tidak semua pesanan tiket ataupun hotel dapat dibatalkan dan mendapatkan uang kembali. Jadi pikirkan secara matang sebelum memesan tiket atau hotel untuk destinasi tujuan agar tidak terjadi penyesalan dan membuang -- buang uang.

Carilah informasi di media online ataupun media sosial
Di jaman yang sudah modern ini, tentunya akses media sudah semakin mudah. Jika sudah menentukan akan pergi liburan kemana, cobalah cari tahu kebudayaan, transportasi, dan tempat wisata yang menarik ditempat tersebut terutama bagi kalian yang berpergian sendiri alias backpackeran. Karena hal ini akan mempengaruhi pengeluaran budget kalian di tempat yang akan kalian datangi. 

Dengan mengerti lebih banyak tentang tempat tujuan tersebut akan meminimalisir kemungkinan tersasar di tempat wisata dan menghemat dalam pengeluaran transportasi.

Membuat list segala sesuatu yang berhubungan dan dibutuhkan

Sebelum pergi, cobalah untuk membuat itenary tempat yang ingin dikunjungi agar tidak membuang -- buang waktu saat liburan. Lalu mengatur tempat yang ingin dikunjungi sesuai dengan letak lokasi yang berdekatan untuk meminimalkan pengeluaran transportasi dan tentunya waktu. 

Berikutnya buatlah list pakaian apa yang akan kalian pakai, dan sesuaikan dengan iklim dan cuaca tempat tujuan. Jika sedang musim dingin dan hanya membawa baju tipis tentu akan memakan biaya disana untuk membeli pakaian dingin, oleh sebab itu hal ini merupakan hal yang cukup penting.

Belanjalah secukupnya
Jika pergi liburan, rasanya ada yang kurang jika tidak membeli oleh -- oleh ataupun barang yang akan kita gunakan untuk diri kita sendiri. Namun, lebih baik pikirkanlah secara matang barang -- barang yang akan dibeli, karena belum tentu hal tersebut akan berguna dan terpakai jika sudah pulang. Biasanya sering disebut 'Lapar mata', yang ini lucu, yang itu bagus, yang itu menarik dan akhirnya membeli semuanya. Hal ini seharusnya dihindari agar pengeluaran tetap terkontrol

Sekian tips -- tips yang saya berikan bagi kalian para pelajar dan mahasiswa yang ingin liburan namun hanya memiliki budget yang tipis. Semoga tips -- tips ini dapat membantu, semoga berhasil kawan!