Mohon tunggu...
Stefi Landra Darmawan
Stefi Landra Darmawan Mohon Tunggu... Penulis amatir yang hanya ingin mengekspresikan diri

find me on Twitter and Instagram: stefilandra

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

4 Tips Skripsi Tanpa Molor ala Mahasiswa President University

25 Februari 2018   20:54 Diperbarui: 26 Februari 2018   18:29 1286 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
4 Tips Skripsi Tanpa Molor ala Mahasiswa President University
Dokumentasi Pribadi

Meraih gelar sarjana dengan nilai yang baik dan tepat waktu telah menjadi dambaan setiap mahasiswa. Namun, sebelum berhasil meraih itu semua, tentunya ada beberapa hal yang harus dilakukan, salah satunya mengerjakan skripsi / tugas akhir. Hal ini pula yang harus dilalui para mahasiswa di President University, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Kampus yang proses belajar mengajarnya menggunakan Bahasa Inggris ini mewajibkan mahasiswanya untuk menyelesaikan proses belajar mengajar nya di kelas selama 8 semester, kemudian magang selama 1 semester, dan yang terakhir mengerjakan skripsi selama 1 semester hanya dalam kurun waktu 3 tahun setengah!

Nah, penasaran bagaimana para mahasiswa di President University mengerjakan skripsinya sehingga dapat selesai dengan tepat waktu?
Simak sharing langsung dari beberapa mahasiswa di PresUniv berikut!

1. Menentukan topik yang tepat.

Saat ingin menulis sebuah skripsi, pilihlah topik yang kamu suka dan kamu kuasai. Hal ini diungkapkan Debby Natalia, mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi yang telah menyelesaikan skripsinya beberapa waktu yang lalu. Lebih lanjut, Debby mengatakan "Carilah topik yang datanya dapat kamu kumpulkan dengan mudah. Kamu tentu tidak mau kalau skripsi molor hanya karena lama mencari data, kan?"

Sebagai tambahan, tips mengenai memilih topik juga disampaikan Dindin Dimyati selaku dosen sekaligus Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi. Beliau berkata, "Ada ratusan topik di sekitar kita yang dapat dikembangkan untuk menjadi judul skripsi. Start to scratch from things around you! Start to brainstorm and mind map!"

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
2. Pilih dosen pembimbing yang tepat.

Pilihlah dosen pembimbing yang ahli dan dapat membantumu mengembangkan topik yang sedang kamu teliti.

"Selain dosennya ahli dan menguasai topik kita, penting juga untuk mengetahui karakter setiap dosen yang berpotensi untuk menjadi pembimbing kamu supaya nanti selama konsultasi lancar," ujar James Victorio Widjaja, mahasiswa jurusan Sistem Informasi yang telah melaksanakan sidang skripsinya beberapa hari yang lalu, "Kamu bisa lihat sreg atau engganya waktu beliau mengajar di kelas," lanjutnya.

3. Kumpulkan niat dan atur waktumu dengan baik.

Frederika Constatia, mahasiswa jurusan akuntansi yang telah menyelesaikan sidang skripsinya pada 15 Februari 2018 kemarin ini mengatakan bahwa yang terpenting adalah niat dan mengatur waktu yang baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN