Mohon tunggu...
Stefan Martin
Stefan Martin Mohon Tunggu... Digital Marketer

a Digital Marketer who write for fun and sometimes accept for freelance

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Bingung Pilih Mobil Matic atau Manual untuk Pemula? Cari Tahu di Sini!

11 Juni 2019   08:57 Diperbarui: 11 Juni 2019   15:32 0 0 0 Mohon Tunggu...
Bingung Pilih Mobil Matic atau Manual untuk Pemula? Cari Tahu di Sini!
pilih mobil matic atau manual untuk pemula

Kendaraan roda empat/mobil sudah menjadi transportasi sehari-hari yang digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Brand mobil berlomba-lomba menawarkan produk mereka kepada para konsumen dengan berbagai keunggulan, harga yang bervariasi, pilihan transmisi, dan teknologi yang disematkan kedalam kendaraan.

Harga yang ditawarkan berbeda untuk tiap varian mobil, khususnya jika berbeda pilihan transmisi. Bagi yang mampu mengendarai transmisi manual ataupun matic harusnya tidak menjadi masalah, namun bagaimana jika Anda seorang pemula?

Banyak orang yang masih mempertimbangkan pilih mobil matic atau manual untuk pemula, karena tiap pilihan transmisi memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Banyak orang juga yang menyarankan untuk memilih manual, karena apabila sudah bisa mengendarai manual, maka saat beralih ke automatic hanya tinggal penyesuaian. Namun jika memilih matic, maka sampai kapanpun tidak akan bisa mengendarai mobil manual.

Apakah hal tersebut benar? Raja Mobil telah mengupas tuntas bagi permasalahan Anda, berikut informasinya:

Automatic vs Manual

Mobil pilihan transmisi automatic dan manual memiliki cara yang berbeda dalam mengoperasikannya. Pedal pada mobil manual ada 3 (gas, rem, kopling), sedangkan pada mobil automatic hanya ada 2 (gas dan rem).

Mobil dengan pilihan transmisi manual memiliki 6 percepatan gigi, 5 percepatan untuk berjalan maju kedepan dan satu percepatan yang ditandai huruf 'R' untuk berjalan kebelakang/mundur. Dan transmisi manual harus menggunakan kopling saat melakukan perpindahan gigi ditambah kopling dan gas harus seimbang agar mesin mobil tidak mati.

Mobil dengan transmisi automatic memiliki pengoperasian yang berbeda, pengemudi hanya tinggal menginjak gas untuk berjalan dan rem untuk berhenti, bagaimana masalah perpindahan giginya? Mesin mobil yang akan melakukannya secara otomatis, tergantung dari sedalam apa gas yang diinjak untuk berjalan. Akan sebagai pengemudi Anda harus memahami huruf-huruf yang terdapat pada perseneling, berikut adalah penjelasannya:

- P (Parking/Parkir) -> Digunakan pada saat memarkirkan kendaraan.

- R (Reserve/Mundur) -> Digunakan untuk berjalan mundur kebelakang.

- N (Netral) -> Digunakan untuk keadaan sedang diam.

- D (Drive/Berjalan kedepan) -> Digunakan untuk berjalan maju kedepan.

- S (Shift) -> Digunakan untuk perpindahan gigi secara manual dengan bantuan paddle shift pada stir mobil.

Dari perbedaan diatas, sudah pasti banyak orang yang lebih nyaman mengendarai mobil automatic.

Harga Mobil Automatic vs Manual

Bagi Anda yang ingin membeli mobil baru, pilihan transmisi automatic memiliki harga yang lebih tinggi daripada manual untuk semua tipe varian dari tiap brand. Namun ketika akan dijual kembali, biasanya harganya akan turun drastis, karena mobil automatic butuh lebih banyak perawatan dibandingkan manual.

Sedangkan harga mobil manual lebih rendah dibandingkan automatic, akan tetapi jika Anda hendak ingin menjualnya, biasanya harganya tidak turun terlalu jauh dibanding harga belinya, karena perawatan yang tidak terlalu sulit dan tidak perlu memakan banyak biaya dibandingkan automatic.

Dari kedua hal diatas bisa dipastikan manual yang lebih unggul dari segi harga, namun kembali lagi kepada Anda apakah menginginkan kenyamanan atau harga yang lebih murah.

Konsumsi Bahan Bakar

Dari segi konsumsi bahan bakar, mobil dengan trasmisi automatic lebih boros dibandingkan manual. Hal ini karena kinerja mesin pada transmisi automatic bekerja lebih berat dibanding transmisi manual.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2