Mohon tunggu...
Stefani Ditamei
Stefani Ditamei Mohon Tunggu... Mahasiswa - K-drama Enthusiast

Mahasiswa semester akhir program studi Ilmu Politik di Universitas Jenderal Soedirman.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Dari Belut hingga Pelepah Pisang, Berikut Keripik Unik yang Bisa Dicoba

23 Juni 2021   22:37 Diperbarui: 23 Juni 2021   22:43 136 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dari Belut hingga Pelepah Pisang, Berikut Keripik Unik yang Bisa Dicoba
Dari Belut Hingga Pelepah Pisang, Berikut Keripik Unik yang Bisa Dicoba (Kompas.com)

Pernah mendengar keripik pelepah pisang? Atau keripik belut? Ternyata, ada beragam jenis keripik unik khas nusantara yang bisa dicoba.

Keripik adalah makanan ringan yang terbuat dari bahan dasar yang beragam. Ada yang terbuat dari ubi, kentang, bahkan dari hewan unik seperti laron, bekicot, dan sebagainya.

Di artikel ini, saya akan mengulas beberapa rekomendasi keripik unik yang nikmat dan mantap yang pernah saya coba. Semoga rekomendasi keripik unik berikut ini dapat menambah referensi camilan Anda di rumah.

Keripik Gedebok/Keripik dari Pelepah Pisang

Keripik yang terbuat dari pelepah pisang tersebut pertama kali ditemukan oleh warga Sogaten, Madiun, Jawa Timur, yang berhasil membuat inovasi keripik dari pelepah pisang. Dilansir Kompas, omzet binis keripik unik yang mereka jalankan bahkan mencapai hingga Rp. 30 juta per bulan.

Keripik gedebok/keripik pelepah pisang dijual dalam kemasan dengan berbagai rasa, misalnya: keju, balado, barbeku, bawang, hingga original. Saya pernah mencicipi keripik gedebok dan rasanya memang gurih, krispi, dan unik.

Keripik Bayam

Selain pelepah pisang, sayuran seperti daun bayam juga bisa diolah menjadi keripik, lho Lebar daun bayam yang cukup besar tersebut dapat diolah dan digoreng menjadi keripik. 

Keripik bayam (Kompasiana/Dina Safitri)
Keripik bayam (Kompasiana/Dina Safitri)
Cara membuatnya juga tergolong mudah, bayam yang sudah dibersihkan dicampurkan bersama dengan tepung beras yang sudah dibumbui dan digoreng di minyak panas. Saya sering menemui keripik bayam di beberapa daerah wisata, seperti di Tawangmangu, Jawa Tengah. 

Keripik Bekicot

Bekicot adalah hewan bercangkang seperti siput dan sering ditemui saat musim hujan. Kuliner bekicot bisa dimasak dengan beragam bumbu, seperti: rica-rica, sate, hingga keripik. Keripik bekicot juga jadi salah satu kuliner daerah yang populer di Kediri.

Keripik bekicot khas Kediri (Kompas.com)
Keripik bekicot khas Kediri (Kompas.com)

Keripik Belut

Belut terkenal sebagai hewan sawah yang bentuknya panjang mirip ular, namun tekstur rasanya mirip dengan daging lele. Tidak hanya dihidangkan dengan cara digoreng atau bakar, belut juga bisa diolah menjadi keripik unik.

Keripik Belut (Tribun Jogja/Susilo Wahid)
Keripik Belut (Tribun Jogja/Susilo Wahid)
Belut ukuran kecil hingga besar bisa dimasak menjadi keripik dan jadi oleh-oleh di beberapa daerah di Jawa Timur. 

Keripik laron

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN