Mohon tunggu...
Stefani Ditamei
Stefani Ditamei Mohon Tunggu... K-drama Enthusiast

Mahasiswa semester akhir program studi Ilmu Politik di Universitas Jenderal Soedirman.

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

5 Hal Penting Harus Diketahui Sebelum Tanda Tangan Kontrak Kerja

22 Juni 2021   23:51 Diperbarui: 22 Juni 2021   23:56 98 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Hal Penting Harus Diketahui Sebelum Tanda Tangan Kontrak Kerja
5 Hal Penting Harus Diketahui Sebelum Tanda Tangan Kontrak Kerja (Pexels)

Tanda tangan kontrak kerja biasa dilakukan calon pekerja yang dinyatakan diterima oleh perusahaan. Namun, ketahui 5 hal penting berikut ini sebelum tanda tangan kontrak kerja

Mendapatkan tawaran bekerja adalah hal yang menyenangkan. Bukan hal aneh apabila seseorang merasa bahagia dan ingin segera bekerja setelah sekian lama menganggur. Namun, jangan ceroboh saat  memasuki tahap menandatangani kontrak kerja. 

Kamu harus memastikan hal penting berikut ini supaya tidak menyesal saat menerima tawaran pekerjaan tersebut, Dilansir The Guardian, erikut 5 hal penting yang harus diketahu sebelum tanda tangan kontrak kerja.

Jobdesc Pekerjaan Beserta Tanggung Jawabnya 

Sebelum menandatangani kontrak kerja, baca baik-baik peran, tugas, dan tanggung jawab yang akan kamu lakukan saat bekerja nanti. Pastikan tugas dan tanggung jawab yang akan kamu lakukan sudah sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. 

Hal tersebut penting untuk dipehatikan karena berkaitan dengan sesuatu yang bisa dan yang tidak bisa kamu kerjakan. Jika hal sepenting itu terlewatkan, maka bisa berdampak buruk terhadap kinerjamu di perusahaan.

Baca juga: Cara Update CV Biar Lamaran Kerjamu Dilirik Rekruiter

Tempat bekerja

Saat bekerja biasanya akan ada ketentuan apakah pekerjaan tersebut akan dilakukan di kantor atau di tempat lain sesuai dengan perintah perusahaan. Apalagi saat ini tengah ramai dengan kasus pandemi covid-19 yang menghimbau para pekerja untuk melakukan pekerjaan di rumah. 

Namun, ada juga perusahaan yang meminta para pekerjanya untuk bekerja secara remote dan juga berada di kantor, sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu, pastikan tempat dimana kamu bekerja sudah sesuai dengan kriteria yang kamu inginkan. Apakah harus merantau atau tidak.

Baca juga: Mahasiswa Bisa Membuat Portofolio untuk Melamar Kerja

Gaji, keuntungan, dan bonus

Semua yang akan kamu terima saat bekerja nanti biasanya dibahas dengan sangat lengkap di kontrak kerja. Berapa banyak upah yang kamu terima dan keuntungan sebelumnya ditawarkan di surat penawaran. Pastikan apakah semua yang sebelumnya ditawarkan sudah tercantum lengkap di kontrak kerja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN