Mohon tunggu...
Stefani Ditamei
Stefani Ditamei Mohon Tunggu... K-drama Enthusiast

Mahasiswa semester akhir program studi Ilmu Politik di Universitas Jenderal Soedirman.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Susah BAB: Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

16 Juni 2021   16:15 Diperbarui: 16 Juni 2021   16:23 120 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Susah BAB: Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasinya
Susah BAB: Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasinya (Pexels)

Susah BAB atau sembelit adalah penyakit yang menyerang pencernaan dimana seseorang kesulitan untuk melakukan buang air besar. Apa saja penyebab dan bagaimana cara mengatasi susah BAB?

Menjaga pola makan adalah hal penting yang tidak boleh dilewatkan untuk menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh. Setiap makanan dan minuman yang kita konsumsi memiliki efek dan pengaruhnya bagi kesehatan

Porsi yang terlalu berlebihan ataupun yang terlalu kurang juga perlu diperhatikan saat mengonsumsi sesuatu. Bahkan, jika kekurangan nutrisi tertentu, seseorang bisa mengalami gangguan kesehatan, salah satunya adalah susah BAB.

Baca juga: Susah Tidur karena Begadang: Penyebab, Bahaya, dan Cara Mengatasinya

Apa itu susah BAB?

Susah buang air besar (BAB) atau sembelit adalah kondisi yang tidak diinginkan oleh siapapun. Sistem saluran pencernaan dalam tubuh manusia haruslah berjalan dengan lancar. Menurut Halosehat, saluran pencernaan berfungsi untuk mencerna, memecah, dan menyerap zat gizi makanan untuk dikirimkan melalui peredaran darah. 

Contoh proses pencernaan yang sering dialami manusia adalah buang air besar dan buang air kecil. Lantas, bagaimana jika seseorang mengalami susah BAB? Apa penyebabnya?

Baca juga: Sering Mengantuk? Berikut Penyebab dan Bahaya Oversleeping

Penyebab susah BAB

Penyebab susah BAB  bisa dikarenakan berbagai faktor, di antaranya adalah sebagai berikut: 

  • Kekurangan serat

Salah satu manfaat besar dari mengonsumsi makanan yang mengandung serat adalah mencegah adanya konstipasi, gangguan pencernaan berupa susah BAB dimana seseorang hanya buang air besar kurang dari tiga kali dalam satu minggu.

Selain itu, dilansir Alodokter, serta bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, menjaga berat badan tetap ideal, serta menjaga kadar gula darah tetap normal.

Baca juga: Waspada Diabetes, Hindari Makanan dan Minuman Kadar Gula Tinggi

  • Kurang Minum air putih

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x