Mohon tunggu...
Stefani Ditamei
Stefani Ditamei Mohon Tunggu... Mahasiswa - K-drama Enthusiast

Mahasiswa semester akhir program studi Ilmu Politik di Universitas Jenderal Soedirman.

Selanjutnya

Tutup

Karir Artikel Utama

Cara Update CV Biar Lamaran Kerjamu Dilirik Rekruiter

25 Mei 2021   00:00 Diperbarui: 26 Mei 2021   21:30 1223 6 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Update CV Biar Lamaran Kerjamu Dilirik Rekruiter
Cara Update CV Biar Lamaran Kerjamu Dilirik Rekruiter (Pexels)

Pernahkah kalian merasa sudah berkali-kali apply lamaran kerja dan belum menerima notifikasi tahap selanjutnya? Jangan menyerah, jobseeker! Barangkali ini adalah saatnya bagi kamu untuk update CV.

Curriculum Vitae (CV) atau biasa disebut dengan data riwayat hidup adalah persyaratan penting yang harus dipenuhi saat seseorang melamar pekerjaan. 

CV biasanya menyangkut informasi identitas pribadi, riwayat pendidikan, dan riwayat pengalaman bekerja maupun organiasasi. Selain CV, pelamar kerja biasanya juga melampirkan sertifikat pendukung dan portofolio. 

Baca juga: Mahasiswa Bisa Membuat Portofolio untuk Melamar Kerja

Sertifikat pendukung untuk melamar kerja biasanya berupa sertifikat pelatihan kerja, penghargaan, hingga tanda ikut serta seseorang saat mengikuti perlombaan. 

Sedangkan portofolio adalah rangkuman karya yang pernah dikerjakan seseorang berupa hasil kerja maupun project yang dirangkum dan dijadikan satu. 

Portofolio turut menjadi komponen penting karena dapat membantu rekruiter melihat seberapa jauh kemampuan yang kamu miliki di bidang pekerjaan yang kamu tekuni. Selain itu, melakukan update CV juga penting dilakukan saat seseorang sedang dalam proses mencari pekerjaan.

Baca juga: Persiapan Melamar Kerja: CV, Portofolio, dan Sertifikat

Cara Update CV

Update CV adalah tindakan untuk merevisi atau memeriksa secara berkala, kira-kira komponen mana saja yang harus diubah dan diperbaiki di dalam CV? 

Tidak jarang para pencari kerja mengeluh lantaran susah mendapat panggilan kerja. Apakah itu berkaitan dengan CV yang kita kirim? Selain itu, update CV juga membantu kita untuk mendapatkan pembaharuan mengenai data riwayat hidup kita.

Ilustrasi update CV (Pexels)
Ilustrasi update CV (Pexels)

Lantas, bagaimana cara update CV?

- Kirim CV dengan data diri dan riwayat hidup yang paling baru

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN