Mohon tunggu...
Stefani Ditamei
Stefani Ditamei Mohon Tunggu... K-drama Enthusiast

Mahasiswa semester akhir program studi Ilmu Politik di Universitas Jenderal Soedirman.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Ide Bisnis Kuliner Rumahan yang Bisa Dijual Online

14 Mei 2021   04:17 Diperbarui: 14 Mei 2021   04:26 443 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ide Bisnis Kuliner Rumahan yang Bisa Dijual Online
Ide Bisnis Kuliner Rumahan yang Simpel dan Bisa Dijual Online (Kompas.com/Syifa Nuri Khairunnisa)

Sumber pemasukan yang tidak kalah menguntungkan adalah membuka dan mengelola usaha mandiri. Secara umum, istilah bagi seseorang yang mengelola usaha secara mandiri disebut dengan entrepreneur. Semua orang memiliki kesempatan sebagai pengusaha mandiri. 

Meski sering dikaitkan dengan usaha yang besar, istilah entrepreneur sejatinya bisa disematkan kepada siapapun, tanpa memandang besar ataupun kecil jenis usahanya.

Jika Anda adalah orang yang menciptakan suatu produk dan memasarkannya secara mandiri, Anda tetap dapat disebut sebagai entrepreneur. Oleh karena itu, jangan berkecil hati. Usaha yang dimulai dari nol suatu saat akan berkembang menjadi besar apabila dikerjakan dengan disiplin, tekun, dan sabar.

Jika Anda mulai terlintas memiliki niat untuk menjadi entrepreneur, tidak ada salahnya untuk mencoba membuka bisnis kuliner rumahan. Kuliner merupakan salah satu hal yang disukai oleh masyarakat. Informasi mengenai kuliner sering dicari, termasuk bagi para penikmat kuliner yang suka mencicipi kuliner di daerahnya. 

Ilustrasi bisnis kuliner yang digemari masyarakat (Pexels)
Ilustrasi bisnis kuliner yang digemari masyarakat (Pexels)
Selain itu, jika seseorang sudah berhasil menciptakan produk makanan yang disukai oleh masyarakat, besar kemungkinan produk tersebut dikenal oleh banyak orang. Dengan catatan penting, seimbang dengan pemasaran yang dilakukan secara intens dan bertahap.

Kira-kira, ide bisnis kuliner rumahan seperti apa ya yang bisa dibuat di rumah dan dipasarkan secara lokal? Pemasaran yang dilakukan juga bisa menggunakan media sosial dan dijual secara online.

Baca juga: Ide Bisnis Kuliner Usaha Online Makanan Ringan Pedas

Berikut ide bisnis kuliner rumahan yang simpel dan bisa dijual online:

Ide Bisnis Kuliner Nasi Ricebowl

Nasi Ricebowl adalah menu makanan berupa nasi sekaligus lauk-pauknya yang dibungkus dengan kotak makanan berbentuk bulat (bentuk sesuai selera). Secara packaging, konsep nasi ricebowl lumayan simpel dan menarik perhatian jika dibantu dengan desain dan branding yang tepat. Tentukan menu apa saja yang kira-kira orang tertarik untuk mencoba dan mencicipi Nasi Ricebowl yang Anda buat.

Ilustrasi ide bisnis kuliner ricebowl (Pexels)
Ilustrasi ide bisnis kuliner ricebowl (Pexels)
Contoh menu makanan yang bisa dicoba dengan konsep ricebowl:
  • Nasi ayam rica-rica
  • Nasi goreng 
  • Nasi sambal cumi
  • Mie pedas
  • Nasi ayam geprek

Anda bisa menjual dan membagikannya melalui media sosial. Semakin banyak masyarakat yang mengetahui produk tersebut, semakin besasr kesempatan untuk menarik mereka sebagai pembeli. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN