Mohon tunggu...
Stefani Ditamei
Stefani Ditamei Mohon Tunggu... K-drama Enthusiast

Mahasiswa semester akhir program studi Ilmu Politik di Universitas Jenderal Soedirman.

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Ide Kumpul Online Lebaran Bareng Keluarga yang Bisa Kamu Coba

12 Mei 2021   19:23 Diperbarui: 12 Mei 2021   19:30 97 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ide Kumpul Online Lebaran Bareng Keluarga yang Bisa Kamu Coba
Ide Kumpul Online Lebaran Bareng Keluarga yang Bisa Kamu Coba (Pexels)

Selamat hari raya Lebaran tahun 2021 bagi saudara-saudari yang merayakan. Tepat pada malam hari ini (12/05/2021), malam takbir terdengar dan menandakan besok adalah hari raya Idul Fitri. Hari yang sudah dinanti-nantikan akhirnya datang juga. Saya percaya setiap dari kita pasti ingin memanfaatkan waktu dan kesempatan yang ada untuk berkumpul bersama keluarga. 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Lebaran identik dengan mudik dan kumpul bareng keluarga besar. Namun, sejak pandemi Covid-19 melanda pada tahun 2020, keinginan untuk berkumpul  bersama keluarga harus ditahan. Sebab aturan berkerumun masih menjadi perhatian besar bagi pemerintah. 

Pemerintah juga berharap masyarakat mampu bekerja sama dan kondusif dengan aturan yang sudah diberikan. Aturan larangan mudik kemudian dikeluarkan. Tidak ada lagi mudik besar-besaran seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun, bukan berarti kesempatan untuk bertemu keluarga ditiadakan. Kita masih bisa bertemu dan bercengkrama dengan mereka. 

Ilustrasi kumpul bareng keluarga besar saat Lebaran (Pexels)
Ilustrasi kumpul bareng keluarga besar saat Lebaran (Pexels)
Sebut saja kegiatan dengan 'kumpul online'. Dimana kita bisa berkumpul secara virtual melalui aplikasi yang ada di smartphone. Tidak sekadar kumpul online saja, beberapa aplikasi juga menyediakan fitur game dan kolaborasi konten. 

Berikut aplikasi kumpul online Lebaran yang bisa menampung keluarga besar berkumpul menjadi satu secara virtual.

Baca juga: Resep Es Segar untuk Minuman Saat Lebaran

Kumpul Online Lebaran

Undang keluarga sebanyak-banyaknya untuk gabung melalui aplikasi video call (WhatsApp, Zoom, Google Meet)

Kumpul online bersama keluarga tidak akan membosankan kalau kita berani mengambil jalan kreativitas. Misalnya saja, kamu bisa menyiapkan link untuk berkumpul, bikin desain pamflet seperti: "Kumpul Online Bareng Keluarga Solo" "Ada Give Away-nya" dan menentukan jam berapa saja keluarga besar bisa berkumpul melalui video call tersebut. 

Ilustrasi kumpul online (Pexels)
Ilustrasi kumpul online (Pexels)
Biar lebih tertata, ada moderatornya supaya tidak rebutan saat gantian bicara. Selain itu, kamu bisa menampilkan video dan foto keluarga saat Lebaran di tahun dahulu sebelum korona melanda. Video yang menggugah hati akan bikin kumpul online jadi terasa berharga. Setidaknya masih ada teknologi, kita masih bisa bertemu saling sapa melalui layar smartphone.

Baca juga: Kuliner Lebaran ala Rumahan yang Bikin Nostalgia dengan Masa Kecil

Kumpul Online Lebaran

Bikin kolaborasi konten Tiktok bareng keluarga

Ide yang satu ini cocok dilakukan buat para kaum muda. Gunakan kreativitas yang kalian miliki untuk membuat konten kolaborasi bersama keluarga. Berhubung Tiktok memiliki fitur kolaborasi, kamu bisa memanfaatkannya dan meminta keluargamu untuk berpartisipasi. 

Ilustrasi Bikin kolaborasi konten Tiktok bareng keluarga (Pexels)
Ilustrasi Bikin kolaborasi konten Tiktok bareng keluarga (Pexels)
Ide konten yang bisa digunakan misalnya: joget bareng, nyanyi bareng, dan salam-salaman online! Yuk, kembangkan kreativitas biar kumpul online-nya tetap seru dan tidak membosankan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN