Mohon tunggu...
Stefani Ditamei
Stefani Ditamei Mohon Tunggu... K-drama Enthusiast

Mahasiswa semester akhir program studi Ilmu Politik di Universitas Jenderal Soedirman.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Tempe Busuk atau Tempe Semangit Bisa Diolah Jadi Masakan, Lho!

10 Mei 2021   16:59 Diperbarui: 10 Mei 2021   17:09 86 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tempe Busuk atau Tempe Semangit Bisa Diolah Jadi Masakan, Lho!
Sayur lodeh salah satu masakan yang menggunakan tempe semangit/tempe busuk sebagai bahan utama (Kompas.com/Arik Rahmadani)

Berawal dari menulis artikel berjudul "Tentang Nganjuk dan Wisata Kulinernya yang Jatim Banget", salah satu kuliner di Nganjuk adalah sambal tumpang yang menggunakan bahan dasar dari tempe busuk

Kemudian saya teringat mengenai beberapa masakan yang pernah saya nikmati bersama mendiang nenek saya, dan di antaranya menggunakan tempe busuk sebagai bahan utama.

Tempe busuk atau biasa disebut dengan tempe semangit, adalah tempe kedelai yang sudah lama didiamkan hingga hampir membusuk dengan aromanya yang khas. Meski begitu, tempe semangit jadi masakan yang luar biasa enak kalau diolah dengan bumbu yang tepat. Apa lagi olahannya disesuaikan dengan selera kita.

Berikut olahan tempe busuk/tempe semangit yang pernah saya coba. Semoga saja bisa menjadi referensi menu baru yang khas dan otentik. 

Baca juga: Tempe Busuk, di Balik Resep Legendaris Masakan Ibu oleh Tri Atmoko

Sambal kencur/sambal tempe semangit

Saat saya masih kecil, di daerah Ponorogo tepatnya, saya mengunjungi nenek saya dan saat makan siang dibuatkan sambal semangit atau sambal tempe bosok, dengan cara pembuatannya yang sederhana. Untuk membuat sambal kencur/sambal tempe semangit, berikut bahan-bahan yang dibutuhkan.

  • Cabe rawit secukupnya, sesuai selera, bisa banyak, bisa sedikit. 

  • Bawang putih

  • Garam

  • Gula

  • Penyedap rasa dan micin

  • HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    VIDEO PILIHAN