Mohon tunggu...
Stefani Ditamei
Stefani Ditamei Mohon Tunggu... K-drama Enthusiast

Mahasiswa semester akhir program studi Ilmu Politik di Universitas Jenderal Soedirman.

Selanjutnya

Tutup

Viral Pilihan

Upah Kurir Shopee Express Rendah Penyebab Paket Datang Terlambat?

13 April 2021   16:02 Diperbarui: 13 April 2021   18:50 283 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Upah Kurir Shopee Express Rendah Penyebab Paket Datang Terlambat?
Upah Kurir Shopee Express Rendah Penyebab Paket Shopee Terlambat? (Shopee)

Seperti judul lagu Maudy Ayunda 'Cinta Datang Terlambat', nyatanya bukan hanya cinta yang datangnya tidak tepat waktu, penerima paket yang dikirim Shopee Express pun mengalami hal yang sama: paket datang terlambat, tidak sesuai estimasi kedatangan, dan sedihnya lagi, keterlambatan tersebut dikarenakan kurir memutuskan untuk mogok kerja. 

Kejadian tersebut ramai dibicarakan oleh warga di Twitter. Bermula dari keluhan penerima paket Shopee yang menghubungi kurir dan bertanya mengapa paket tidak segera dikirimkan. Kurir lantas menjawab bahwa ada demo yang dilakukan kurir Shopee terkait upah yang rendah. 

Sontak, kabar tersebut meledak di kalangan netizen dan menimbulkan pertanyaan baru: 

"Apakah betul perusahaan sebesar Shopee memberikan upah rendah kepada kurirnya?"

Shopee: E-commerce Besar yang Termasuk Sukses di Indonesia

Shopee pertama kali didirikan di Singapura pada tahun 2015 dan mulai tersebar di negara Asia lainnya seperti: Thailand, Malaysia, Taiwan, Filipina, dan Indonesia.

Bahkan, di tahun 2019, Shopee menjadikan Brasil sebagai negara pertama di Amerika yang dikunjungi oleh e-commerce yang identik dengan warna oranye tersebut.

Shopee perusahaan besar yang tengah menghadapi isu upah kurir yang rendah dan menyebabkan paket terlambat datang ke customer. (Kompas.com/Ardhito Ramadhan)
Shopee perusahaan besar yang tengah menghadapi isu upah kurir yang rendah dan menyebabkan paket terlambat datang ke customer. (Kompas.com/Ardhito Ramadhan)
Kepopuleran Shopee juga tidak lepas dari dipilihnya ambassador terkenal seperti grup Korea Selatan Blackpink, Stray Kids, dan terakhir, Shopee menggaet pemain sinetron Ikatan Cinta Amanda Manopo dan Arya Saloka sebagai brand ambassador mereka. 

Baca juga: Sinetron Fenomenal Ikatan Cinta oleh Hanif Ahmad

Dengan strategi tersebut, Shopee memiliki kesempatan untuk mengajak pengguna dan pembeli dari berbagai usia dan latar belakang. 

Berdasarkan riset yang pernah dilakukan, Shopee paling banyak digunakan oleh pemuda rentan usia 17-24 tahun. 

Selain itu, upah ongkos kirim yang murah dan terjangkau sering jadi alasan bagi seseorang untuk belanja di e-commerce seperti Shopee. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN