Mohon tunggu...
Stefani Ditamei
Stefani Ditamei Mohon Tunggu... K-drama Enthusiast

Mahasiswa semester akhir program studi Ilmu Politik di Universitas Jenderal Soedirman.

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Ramadan Seru: Ide Ngabuburit 2021 Tanpa Kerumunan

13 April 2021   01:16 Diperbarui: 13 April 2021   09:37 642 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ramadan Seru: Ide Ngabuburit 2021 Tanpa Kerumunan
Ramadhan Seru: Ide Ngabuburit 2021 Tanpa Kerumunan (Pixabay)

Ramadan identik dengan beberapa kegiatan yang sepertinya masih belum lepas meski kebiasaan hidup masyarakat mulai berubah sejak pandemi. Misalnya saja, larangan berkerumun telah memengaruhi kebijakan dan kegiatan masyarakat pun dibatasi.  

Oleh karena itu, kegiatan yang biasanya lekat saat Ramadan seperti: ngabuburit, buka puasa bersama, dan berdagang jajanan buka puasa, dihimbau  untuk tidak dilakukan secara berkerumun, mengingat pemerintah mulai menunjukkan sikap tegasnya. Salah satu kebijakan yang sudah dikeluarkan adalah larangan mudik 2021.

Ngabuburit Identik dengan Menghabiskan Waktu Menjelang Berbuka

Jika seseorang mengajak berkegiatan dengan istilah 'ngabuburit', barangkali yang dimaksudkan adalah menghabiskan waktu sambil menunggu jam buka puasa tiba. Ngabuburit bisa dilakukan oleh siapapun: tua, muda, dan anak-anak, punya caranya masing-masing untuk menghabiskan waktu di sore hari. 

Misalnya saja, tempat ngabuburit yang ramai dikunjungi adalah pasar dadakan yang hanya muncul saat Ramadan. Saat sore hari, pedagang takjil dan penjual makanan ringan berjejer di pinggir jalan. Mereka memasarkan dagangan dengan mayoritas pembeli adalah masyarakat yang sedang menikmati waktu ngabuburit-nya.  

Jika tidak pandemi, maka jam menjelang buka puasa bisa begitu padat dengan kerumunan aktivitas jual beli para pedagang dan pemburu hidangan buka puasa.

Ngabuburit Tanpa Kerumunan, Apakah Bisa?

Tentu saja, bisa! Jika sebelumnya ngabuburit atau acara buka puasa dilakukan di luar, maka saat pandemi kita hanya bisa membeli makanan dan membawanya di rumah. 

Namun, bukan berarti acara ngabuburit yang seru tidak bisa lagi dilakukan. 

Kamu tetap bisa ngabuburit produktif meski cuma di dalam rumah. Berikut kiat sukses ngabuburit saat Ramadan 2021 tanpa kerumunan yang bisa dicoba:

Nonton Film Bareng Online

Nonton film bareng bisa dilakukan bersama-sama, lho! Meski dari jauh, kita bisa menggunakan aplikasi yang menyediakan fitur nonton film bersama. Kamu bisa mengajak teman-teman atau kerabat dari luar kota untuk bergabung di acara nonton film bareng online saat ngabuburit di rumah.

Ngabuburit online juga bisa, lho (Pexels)
Ngabuburit online juga bisa, lho (Pexels)

Ngabuburit Bikin Acara Musik 'Live Streaming' di Rumah

Ngabuburit yang satu ini cocok buat kamu yang memiliki hobi menciptakan karya di bidang musik. Membuat acara musik sendiri barangkali jadi pilihan yang tepat. Selain menghibur, kamu bisa mengasah hobi bermusik, menghibur orang, sekaligus ngabuburit seru di rumah.

Memasak

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN