Mohon tunggu...
fanky christian
fanky christian Mohon Tunggu... Full Time Blogger - IT Specialist, DCMSolusi, EventCerdas, StartSMEup, JesusMyCEO, ICT4CC, 521Indonesia

IT Specialist, khususnya infrastruktur, aktif di beberapa Asosiasi IT, suka mengajar dan menulis, fokus kepada IT , enterpreneurship, content marketing. Mengembangkan Daya Cipta Mandiri Group, EventCerdas, 521Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Transformasi Digital on Manufacturing

25 Agustus 2022   11:04 Diperbarui: 25 Agustus 2022   11:06 109 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Fanky Christian berikan kata sambutan (koleksi pribadi)

Kembali kegiatan Cikarang Industrial Expo ke 7 diadaan kembali bulan ini, tepatnya 24-25 Agustus 2022.  Dan kembali APTIKNAS mendukung kegiatan ini, sejak tahun 2018. Hal ini seiring dengan gerakan Making Indonesia 4.0 yang digulirkan pemerintah semenjak April 2018. 

Adapun kami dari EVENTCERDAS memberikan sesi Seminar Digital Transformation on Manufacturing bersama dengan beberapa anggota APTIKNAS lainnya. 

Dalam sambutannya, Fanky Christian mewakili APTIKNAS menyampaikan bahwa APTIKNAS sejak awal berdiri tahun 2017 telah memiliki fokus terkait Industry 4.0. Dan ini membantu banyak anggota dan publik dalam berbagai aktifitas, mulai dari seminar, webinar hingga expo terkait dengan Industry 4.0. Fanky Christian mewakili Ketua Umum Soegiharto Santoso yang pada saat bersamaan harus menghadiri acara Indonesia Industry 4.0 yang diadakan di Menara Bidakara. 

Sesi Digital Transformation on Manufacturing (koleksi pribadi)
Sesi Digital Transformation on Manufacturing (koleksi pribadi)

Selanjutnya dalam kegiatan Seminar EVENTCERDAS Digital Transformation on Manufacturing, Fanky Christian menyampaikan perkembangan dan progress Industry 4.0 dimulai April 2018, hingga saat ini, serta apa saja yang sudah dilakukan pemerintah dan asosiasi untuk mengembangkan industry 4.0. Selain itu, juga disampaikan banyak hal sharing dan pengalaman anggota APTIKNAS dalam membantu transformasi digital di bidang manufaktur. 

Selanjutnya, presentasi dan sharing dilanjutkan dari ACOBA. Kenny Kurnia memaparkan pentingnya transformasi digital di lingkup manufaktur terkait dengan data backup CCTV. CCTV sekarang ini sudah menjadi bagian keseharian kita, termasuk di lingkungan pabrik yang banyak memasang perangkat CCTV. Dengan adanya ACOBA maka data backup CCTV dapat tetap aman meskipun terjadi ganggunan di area pabrik. 

Kenny Kurniadi menjelaskan solusi ACOBA (koleksi pribadi)
Kenny Kurniadi menjelaskan solusi ACOBA (koleksi pribadi)

Di sesi terakhir, Gleematic, sebuah produk Robot Process Automation (RPA) kembali dibahas oleh Benarivo Abdullah. Robot Process Automation ini bukan seperti robot fisik yang kerap kita temui di dunia manufaktur, melainkan dalam bentuk software. Software RPA Gleematic akan sangat tepat membantu manufaktur melakukan tugas-tugas dibawah 10 menit yang biasanya melibatkan orang sebagai operator. Dengan adanya software RPA ini maka manufaktur bisa meningkatkan (upskilling / reskilling) tim karyawannya untuk pekerjaan seperti analisa dan pengambilan keputusan. Salah satu kelebihan dari Gleematic adalah RPA yang memiliki Artificial Intelligence (AI), sehingga membuat pekerjaan repetitif lebih diproses cepat. 

Benarivo Abdullah dari Gleematic (Koleksi Pribadi)
Benarivo Abdullah dari Gleematic (Koleksi Pribadi)

Dengan seminar ini, kami ingin membagikan bahwa transformasi digital di dunia manufaktur bukanlah suatu hal yang rumit. Tahapan yang harus dilakukan bisa dipandu bersama berdasarkan pengalaman dari anggota APTIKNAS. Dan beragam solusi seperti ACOBA, RPA Gleematic juga telah dijelaskan dan bisa digunakan untuk mendapatkan hasil optimal dari transformasi digital. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan