Mohon tunggu...
fanky christian
fanky christian Mohon Tunggu... Full Time Blogger - IT Specialist, DCMSolusi, EventCerdas, StartSMEup, JesusMyCEO, ICT4CC, 521Indonesia

IT Specialist, khususnya infrastruktur, aktif di beberapa Asosiasi IT, suka mengajar dan menulis, fokus kepada IT , enterpreneurship, content marketing. Mengembangkan Daya Cipta Mandiri Group, EventCerdas, 521Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Hi-Tech

Siap Jadi Managed Service Provider (MSP)

29 Juli 2022   08:55 Diperbarui: 29 Juli 2022   08:59 162 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
MSP dengan Infraon (Koleksi Pribadi)

Sepanjang Juli 2022, tidak terasa, sudah hampir tiba di akhir bulan Juli, dan tema-tema kami di EVENTCERDAS terkait dengan Managed Service Provider telah habis dibahas.

Di awal 7 Juli 2022, kita memulainya bersama solusi dari INFRAON. Dengan menggunakan produk INFRAON, perusahaan MSP dapat menyediakan layanan MSP terintegrasi dengan mudah. Karena umumnya, perusahaan MSP akan perlu sistem monitoring jaringan (InfraonIMS) dan helpdesk (InfraonDesk) saling terintegrasi. Kemudian, di tambah juga kemampuan backup restore configuration perangkat yang ada di InfraonNCCM. 

Setelah itu, kita belajar dari ADVANTECH dan VEDAX yang menyediakan layanan MSP untuk monitoring sistem transportasi berbasis Artificial Inteligence. Ini diterapkan di Vietnam, yang sebenarnya mungkin tidak banyak berbeda juga dengan kondisi transportasi di Indonesia.

VEDAX platform (Koleksi Pribadi)
VEDAX platform (Koleksi Pribadi)

Dalam platform yang dikembangkan, banyak sistem bisa dikembangkan, tidak hanya terkait sistem transportasi. Penggunaan perangkat ADVANTECH dan sistem software VEDAX dapat digunakan bersama menjawab kebutuhan ini. Ini salah satu model penerapan MSP yang sangat menarik, seperti yang ada di Indonesia saat ini dengan ETLE. 

Berikutnya, kita belajar dari EGInnovation, dimana perusahaan MSP juga dituntut untuk bisa menjelaskan problem terkait performansi aplikasi , database, baik yang ada di onpremise, atau di cloud. Semua ini dijawab dengan produk unggulan EGInnovation.

Monitoring Aplikasi dengan EGInnovation (Koleksi Pribadi)
Monitoring Aplikasi dengan EGInnovation (Koleksi Pribadi)

Tidak lengkap bila kita tidak mempelajari produk fiber optic yang sekarang ini digunakan oleh berbagai perusahaan MSP. Adapun solusi yang tampil kali ini adalah dari DASAN. Produk ini digunakan oleh salah satu provider jaringan di Indonesia.

Produk DASAN menjawab tantangan MSP Jaringan (Koleksi Pribadi)
Produk DASAN menjawab tantangan MSP Jaringan (Koleksi Pribadi)

Dengan salah satu keunggulan interopabilitas, ini yang sangat harus diperhatikan dalam provider MSP. Bila jaringan MSP hanya menggunakan dan memiliki ketergantungan tinggi kepada satu teknologi saja, maka akan sangat riskan. Demikian pula dengan jaringan MSP berbasis fiber optic, dengan teknologi GPON.  Peserta sangat antisias bertanya, dan setelah kegiatan pun masih ada beberapa B2B meeting membahas solusi ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Hi-Tech Selengkapnya
Lihat Indonesia Hi-Tech Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan