Mohon tunggu...
fanky christian
fanky christian Mohon Tunggu... Full Time Blogger - IT Specialist, DCMSolusi, DCMGroup, EventCerdas, StartSMEup, JesusMyCEO, IndoBitubi, 521Indonesia

IT Specialist, khususnya infrastruktur, aktif di beberapa Asosiasi IT, suka mengajar dan menulis, fokus kepada IT , enterpreneurship, content marketing. Mengembangkan Daya Cipta Mandiri Group, EventCerdas, 521Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Gadget

ITSM Kunci Keberhasilan Penggunaan IT di Perusahaan

23 April 2022   11:26 Diperbarui: 23 April 2022   11:30 653
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
InfraonDesk produk EverestIMS - koleksi Pribadi

Sekarang ini, hampir semua bisnis perusahaan bergantung kepada sistem teknologi informasi. Semula IT hanya dianggap sebagai pendukung, atau support bisnis saja, tapi sekarang malah ada yang sangat menggantungkan nasib perusahaannya kepada sistem IT.

Dalam webinar terakhir kami membahas 13 proses I.T.I.L yang sangat penting dimiliki oleh perusahaan. Kegiatan ini didukung oleh PT Kota Cerdas Indonesia yang menangani distribusi software Infraon dari Everest IMS. 

Pertama, kita bahas dulu apakah itu ITSM. ITSM atau IT service management merupakan cara untuk menyelaraskan tim IT dengan prioritas bisnis. Tim IT pada umumnya memberikan dukungan, layanan teknis IT . Dan di dalamnya ada hal yang menempatkan pelanggan sebagai pengguna nomor satu. 

Selain itu dalam ITSM didefinisikan juga kolaborasi antar departemen yang ada. Sehingga koordinasi menjadi lebih mudah, efektif dan efisien. Di dalamnya juga ada pengukuran layanan bila terjadi masalah atau permintaan layanan.

Nah, bagaimana dengan ITIL? ITIL atau IT Information Library didefinisikan pada tahun 80an, saya sendiri mempelajari ITIL pada tahun 2000an waktu mulai mengimplementasikan helpdesk di perusahaan customer. 

Di dalam ITSM diterapkan lima kerangka Strategi Layanan, mulai dari  Desain Layanan, Transisi Layanan, Operasi layanan dan Peningkatan Layanan Berkesinambungan.

Dan penerapan kerangka ITIL inilah yang diserap dalam ITSM. Hal ini dalam bentuk manajemen masalah, untuk melihat akar penyebab suatu masalah.Manajemen aset, untuk melihat aset IT yang dimiliki perusahaan atau pelanggan. Manajemen perubahan, memastikan apakah prosedur yang dilakukan sudah efektif dan efisien, atau masih butuh berbagai penyesuaian agar bisa menjadi lebih baik
manajemen insiden, untuk menanggapi dan bersiap-siap apabila terjadi suatu masalah IT dan ada juga manajemen finansial, membuat pelayanan yang biayanya seefisien mungkin.

Lalu banyak produk yang memiliki kemampuan ITIL, dan diberikan scoring oleh lembaga yang bernama PinkElephant. Produk Infraon sendiri memiliki 13 ITIL proses yang tercatat oleh PinkElephant.

fitur yang umum dijumpai dalam produk ITSM
fitur yang umum dijumpai dalam produk ITSM

Banyak produk yang digunakan oleh perusahaan Indonesia terkait dengan ITSM, dan salah satu yang mulai dilirik perusahaan adalah produk InfraonDesk dari Everest IMS. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun