Mohon tunggu...
fanky christian
fanky christian Mohon Tunggu... Full Time Blogger - IT Specialist, DCMSolusi, EventCerdas, StartSMEup, JesusMyCEO, ICT4CC, 521Indonesia

IT Specialist, khususnya infrastruktur, aktif di beberapa Asosiasi IT, suka mengajar dan menulis, fokus kepada IT , enterpreneurship, content marketing. Mengembangkan Daya Cipta Mandiri Group, EventCerdas, 521Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Minggu ke Dua: Bisnis Tahan Gempa

16 Januari 2022   14:56 Diperbarui: 16 Januari 2022   16:24 72 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Di Minggu ke dua tahun 2022 ini, kita melihat banyak hal menarik terjadi di sekitar kita. Pertama, mengenai pergerakan bisnis dari group GK Hebat. Sesuai dengan profil usahanya, sebagai akselator UMKM. Tidak semua orang yang sudah lama di bisnis bisa mengerti juga soal bisnis model startup. 

Pendekatan yang dilakukan oleh bisnis seperti GK Hebat dan perusahaan-perusahaan di sekitarnya membuat kita semua tercengang.  Tapi ini adalah fenomena menarik, dimana perusahaan ventura akan menjadi semakin marak di Indonesia. 

Selama ini mungkin perusahaan ventura ini 'dikuasai' oleh para konglomerat yang memang sudah sangat paham bisnis Indonesia. Tapi dengan adanya startup, perusahaan rintisan, maka banyak perusahaan ventura bermunculan. 

Maka sangat wajar, perusahaan ventura menggunakan sumber dana, capital dari banyak pihak untuk mengembangkan perusahaan yang didukungnya.  Sumber dana ini bisa saja dari dalam negeri, ataupun dari luar negeri. Indonesia dengan market yang sangat luas, akan sangat menarik untuk investor luar negeri. Dan salah satu cara terbaik untuk mereka masuk ke Indonesia adalah melalui perusahaan ventura. Untuk masuk sendiri tentu akan sangat beresiko, dan belum tahu bisnis Indonesia. 

Kedua, ini yang menarik. Apakah bisnis yang dikelola oleh perusahaan ventura itu bisa berjalan dan bertahan lama? Maka harus menemukan apa yang saya sebut 'bisnis tahan gempa'. 

Bagaimana bisnis tahan gempa, barusan saja kita merasakan gempa karena di Banten, dan semua terkejut. Tapi pandemi telah mengocok bisnis kita semua selama ini , bukan?

Di awal pandemi, kita pernah membahas bisnis apa saja yang tahan terhadap pandemi, tapi hampir dua tahun kita menjalani dan melihat banyak bisnis yang rontok karena pandemi, tapi ada juga bisnis yang bertahan dan muncul di masa pandemi. 

Bisnis tahan gempa ini memiliki beberapa kriteria, diantaranya

1. Memiliki target pasar

Di masa pandemi, muncul banyak pasar baru. Misal konsumen yang mendadak membeli secara online, dibandingkan datang langsung ke penjual, maka pembelian melalui aplikasi dan marketplace meningkat tajam. 

2. Mempunyai produk dan solusi yang sesuai

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan