Mohon tunggu...
fanky christian
fanky christian Mohon Tunggu... IT Specialist, DCMSolusi, EventCerdas, StartSMEup, JesusMyCEO

IT Specialist, khususnya infrastruktur, aktif di beberapa Asosiasi IT, suka mengajar dan menulis, fokus kepada IT , enterpreneurship, content marketing. Mengembangkan DCMSolusi, EventCerdas, StartSMEup, JesusMyCEO, SehatCerdas.id

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Terapkan WFH dan Jaga Kesehatan Tim Lebih Penting Menjelang Puncak Covid-19

18 Juni 2021   13:29 Diperbarui: 18 Juni 2021   13:51 63 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Terapkan WFH dan Jaga Kesehatan Tim Lebih Penting Menjelang Puncak Covid-19
Rapid Test memastikan - Koleksi Pribadi

Hanya dalam satu minggu, jumlah kasus covid di Indonesia, khususnya Jakarta meningkat sangat tinggi. Seperti yang kita duga sebelumnya, para nakes dan rumah sakit mulai kewalahan menerima pasien Covid. Apa yang bisa dilakukan oleh kita para pengusaha ?

Pertama, segera terapkan Work From Home. Kebijakan ini akan mengurangi jumlah karyawan yang datang ke kantor. Meskipun sebagian besar dari mereka datang dengan menggunakan kendaraan pribadi, tetap saja kemungkin terpapar bisa terjadi. Terutama bila kantor dan tempat usaha kita memiliki potensi keramaian, atau berada di tempat kerumunan. Bisa saja ini di mal, pasar dan tempat banyak perkantoran. Kebijakan perusahaan menerapkan WFH ini harus disertai dengan beberapa fasilitas dan kemudahan agar karyawan bisa bekerja di rumah dengan baik. 

Kedua, terapkan test rapid berkala untuk tim yang berinteraksi dengan orang banyak. Banyak instansi dan perusahaan yang menerapkan kebijakan harus rapid agar bisa memastikan siapa yang datang, serta memastikan kesehatan mereka. Ada yang secara rutin per minggu atau sepuluh hari melakukan rapid karyawannya.  Untuk biaya ini sudah terjangkau, mulai dari 135rb - 200rb per orang.

Ketiga, minum vitamin yang banyak. Saya mengganti istilah minum vitamin yang cukup dengan banyak, karena ternyata kita perlu extra vitamin menghadapi berbagai virus saat ini.  Vitamin apa saja yang harus disiapkan? Vitamin C, D dan E, ini yang utama. 

Keempat, pastikan karyawan mendaftar, mengikuti dan telah divaksin. Sekarang ini bukan hanya karyawannya, tapi pasangan hidupnya masing-masing juga harus segera di vaksin. Seringkali karyawannya aman, tapi pasangan hidupnya (istri / suami) nya malah terkena dan menjadi positif, akibatnya mau tidak mau harus isolasi mandiri.

Pastikan setiap pagi anda menyapa tim karyawan untuk memastikan mereka menerapkan hidup sehat, seperti bangun pagi, berolahraga dan berjemur untuk mendapatkan asupan vitamin D dari surya matahari. 

Untuk memastikan ini semua memang bukan pekerjaan gampang, tapi ini yang harus kita lakukan di masa puncak kenaikan kasus covid19. Memang benar, karyawan atau tim anda adalah aset penting saat ini, sangat sulit mencari tim handal di masa pandemi. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x