Mohon tunggu...
fanky christian
fanky christian Mohon Tunggu... IT Specialist, DCMSolusi, EventCerdas, StartSMEup, JesusMyCEO

IT Specialist, khususnya infrastruktur, aktif di beberapa Asosiasi IT, suka mengajar dan menulis, fokus kepada IT , enterpreneurship, content marketing. Mengembangkan DCMSolusi, EventCerdas, StartSMEup, JesusMyCEO, SehatCerdas.id

Selanjutnya

Tutup

Karir

Cybersecurity Jangan Dianggap Remeh di Kala WFH

12 Mei 2021   15:38 Diperbarui: 12 Mei 2021   17:05 47 1 0 Mohon Tunggu...

Banyak perusahaan tidak memikirkan dan mempertimbangkan faktor ini, keamanan siber terutama waktu karyawan, tim mereka lakukan Work From Home. 

Mengapa ? Karena perusahaan lebih cenderung memperhatikan bagaimana mereka bisa terkoneksi (faktor jaringan), memiliki pulsa Internet (bandwidth) dan bisa mengakses aplikasi saja. Faktor keamanan jaringan, keamanan Internet serta keamanan aplikasi sering luput dari perhatian.

Untuk itulah sangat penting perusahaan mengalokasikan waktu dan pelatihan yang cukup untuk karyawannya terkait dengan keamanan siber. 

Data dari Malwarebytes menunjukkan 44% dari responden yang mereka tanyakan ditemukan bahwa perusahaan tidak menyediakan training terkait keamanan siber. Maka sangat penting bagi perusahaan untuk menyediakan waktu pelatihan terkait dengan keamanan siber, atau cybersecurity awareness training. 

Hal ini harus dipahami, karena pengertian keamanan siber merupakan pengetahuan yang sangat penting untuk dikuasai karyawan dan tim di perusahaan. Ini bukan hanya tanggung jawab tim teknis IT saja, melainkan seluruh karyawan. 

Informasi menarik dari Udemy juga menunjukkan adanya peningkatan ketertarikan untuk pelatihan terkait dengan tema Ethical Hacking, terutama di bidang media meningkat 5.6%. Bidang Consumer Good and Services meningkat 6.4 % dibandingkan tahun sebelumnya.  Bila dilihat detailnya, maka urutan pelatihan Ethical Hacking naik 418%, DevOps 397%, Docker Certified Associate 318%, Continous Integration 182% dan CISSP 156%. Tren global ini juga harusnya diikuti di Indonesia. 

VIDEO PILIHAN