Mohon tunggu...
st arphina bahar
st arphina bahar Mohon Tunggu... Editor - penulis

mekarlah karyaku, tumbuhlah bungaku.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

online shop dan perubahan perilaku berbelanja masyarakat

5 Januari 2021   13:08 Diperbarui: 5 Januari 2021   15:59 646
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

di era milenial perkembangan teknologi semakin berkembang. luasnya ilmu pengetahuan membuat manusia kini tidak perlu lagi keluar rumah bertatap muka untuk membeli dan menjual produk. Internet merupakan bentuk dari perkembangan teknologi yang saat ini menjadi suatu hal yang biasa bagi seluruh masyarakat dan sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian kalangan. selain berkomunikasi dengan jauh internet juga di gunakan untuk berdagang secara virtual.


pembeli yang berbelanja online bisa merasakan manfaat lebih dari internet. Mereka dapat mencari informasi tentang produk, harga dan ketersediaan produk, para pembeli juga tidak perlu datang langsung ke toko, mereka hanya perlu mengunjungi situs yang dituju dan menentukan barang yang mereka butuhkan. Saat ini, berbagai website toko online sangat mudah ditemukan baik di jejaringan facebook, instagram ataupun aplikasi jual  beli barang lainnya.

tokopedia-5ff420add541df5cbc081f63.jpg
tokopedia-5ff420add541df5cbc081f63.jpg

Online shop merupakan bentuk perkembangan internet  karena pada mulanya belanja dilakukan di pasar, toko ataupun mini market dengan melakukan interaksi antar penjual dan pembeli, tetapi dengan online shop interaksi hanya melalui jaringan internet tanpa bertatap muka sehingga tidak adanya proses tawar menawar. 


Online shop juga memberikan berbagai kemudahan yang disajikan dalam berbelanja yaitu mereka hanya perlu menghubungi id atau contact person yang telah disediakan pada akun online shop untuk memesan barang yang mereka inginkan, kemudian untuk pembayaran mereka cukup mentransfer dan menunggu barang pesanan mereka datang. 

namun tak dapat di pungkiri bahwa selain mempunyai banyak keuntungan dalam menjalan online shop. terdapat banyak kekurangan didalamnya yang perlu kita ketahui. ada beberapa kerugian dalam online shop menurut saya yaitu :

produk yang di sediakan terkadang tidak sesuai dengan yang ada di gambar. Biasanya, foto produk yang ditampilkan pada toko online begitu terlihat sangat bagus. Hal ini dikarenakan proses pengambilan gambar produk memang sengaja dirancang untuk sangat memerhatikan sudut dan pencahayaan yang bagus. Tidak jarang banyak orang yang komplain akibat barang yang sudah diterima tidak sesuai dengan deskripsi produk yang ditampilkan di websitenya.

keterlambatan mengirim juga sering menjadi permasalahan dalam online shop. hal ini dikarenakan ketika pembeli sudah memesan produk maka dibutuhkan waktu untuk pengiriman barang yang membutuh waktu biasanya berhari hari.

bukan hanya itu saja, online shop juga sangat rentang penipuan. Hal ini terjadi karena adanya beberapa pihak yang memanfaatkan kejadian tersebut untuk menipu pengguna, seperti penipuan kartu kredit, pencurian identitas (phishing) atau situs web yang palsu. Oleh karena itu, kamu perlu menyelidiki toko online tersebut sebelum melakukan pembelian barang. 

kesimpulan yang bisa tarik dari apa yang ada diatas adalah penggunaan online shop di era milenial memang sangat menguntungkan bagi masyarakat terlebih lagi kita yang berada dalam keadaan pandemi yang mengakibat kita tidak dapat keluar rumah akibat covid 19 yang membuat kita harus melakukan sesuatu serba online. namun kita juga harus memperhatikan kerugian dalam onine shop sehingga kita dapat menjadi pengguna sosial media yang baik dan bijak. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun