Mohon tunggu...
Stanley Saga
Stanley Saga Mohon Tunggu... Penulis lepas yang ingin eksis

Seorang penulis lepas yang ingin mengembangkan sayap

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Bijak Kelola Keuangan dengan Metode Kakeibo

18 Mei 2021   21:32 Diperbarui: 27 Mei 2021   19:18 32 0 0 Mohon Tunggu...

Kita pasti setuju ketika uang dikelola dengan baik maka akan banyak hal positif yang bisa didapatkan. Tak hanya jadi hemat, tapi juga bijak. Tapi kita tentu mengiyakan juga ketika ditanya apakah sulit mengelola keuangan. Memang untuk bisa mengatur dana bukan hal yang mudah. Padahal ini adalah kunci untuk finansial.

Bagi yang kesulitan mengelola keuangan, mungkin bisa mencoba metode bernama Kakeibo. Metode dari ahli finansial Jepang ini dikatakan bisa dilakukan oleh semua orang. Bahkan termasuk ibu rumah tangga biasa. Tujuannya tak hanya untuk menghemat, tapi juga menyisihkan uang.

Secara umum Kakeibo dilakukan dengan mencatat semua hal terkait pengeluaran. Sama seperti catatan perbankan atau semacam histori mutasi yang biasanya ada di aplikasi mobile banking. Tak hanya itu, tapi juga merekap semua sumber pendapatan serta perkiraan kebutuhan. Hal-hal ini pun dilakukan secara harian.

Tujuan akhir dari Kakeibo adalah kita benar-benar tahu kondisi finansial serta alokasi terbaik untuk pengeluaran. Metode ini harus dijalankan secara disiplin agar berhasil. Umumnya jika benar ditepati maka kita akan mendapatkan banyak keuntungan, termasuk yang paling penting adalah sisa uang yang bisa dibuat apa saja.

Tentang hal tersebut, ada baiknya dipakai untuk investasi. Caranya gampang kok, tinggal transfer antar bank ke akun investasi lalu beli produk investasi yang diinginkan. Entah itu reksadana atau saham. Reksadana sendiri bisa jadi pilihan jika kita menginginkan investasinya bisa cair dalam waktu singkat.

VIDEO PILIHAN