Mohon tunggu...
Johanes Krisnomo
Johanes Krisnomo Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Penulis, fotografer, pemerhati lingkungan, teknologi pangan, dan kesehatan. Alumnus Kimia ITB dan praktisi di Industri Pangan. YouTube : Sketsa JoKris Jo

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Kompasianer, Bila Hilang Semangat Tetaplah Menulis

27 Januari 2021   23:04 Diperbarui: 27 Januari 2021   23:06 264 50 16 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kompasianer, Bila Hilang Semangat Tetaplah Menulis
Sumber : Tangkapan pribadi Tampilan Tayang di Kompasiana

Tak bisa dipungkiri, keterlibatan diri dalam sebuah peristiwa, akan memiliki daya tarik lebih kuat bila kita menjadi bagiannya. Semisal, ketika menyimak foto-foto bersama, nomor satu yang dicari adalah foto diri.

Pasang surutnya antusias sebagai Kompasianer, sebutan penulis Kompasiana, sebuah platform blog dan publikasi online yang dikembangkan oleh Kompas Cyber Media sejak tahun 2008, dengan ratusan ribu penulis, ternyata tak banyak yang mampu menulis secara konsisten.

Tak jauh-jauh mengambil kasus, penulis pun seringkali meliburkan diri tak menulis di Kompasiana, bahkan pernah beberapa bulan tak beraktifitas, termasuk membaca tulisan kawan-kawan Kompasianer.

Kurang apa sich Kompasiana, bermacam-macam kategori tulisan telah disediakan, seperti ekonomi, fiksiana, gaya hidup, hiburan, humaniora, teknologi, dan wisata.

Bagi Kompasianer yang malas menulis, dengan alasan tak ada yang menarik untuk ditulis, sebenarnya hampir tak masuk akal. Deretan kategori yang telah disebutkan di atas, nyaris lengkap.

Ada dua kategori yang termasuk masih baru, yaitu ruang kelas dan life. Nampaknya life lebih ditekankan pada sasaran tema-tema bersemangat muda, karena berisi pilihan entrepreneur, love, foodie, viral, worklife, dan diary.

Segudang manfaat akan didapat, bila kita sebagai kompasianer mau menyimak tulisan-tulisan di Kompasiana yang sebegitu lengkap membahana.

Para penulis Kompasiana atau Kompasianer, sejatinya tak bisa dianggap ringan, karena terdiri dari para penulis yang sangat ahli di bidangnya dan memiliki pengalaman valid, serta banyak penulis baru yang semangatnya tak diragukan.

Kerinduan menulis di Kompasiana, tak boleh dibiarkan begitu saja, tanpa menghasilkan sebuah karya apa pun. Ketika ingat, ada masa-masanya sangat bersemangat sebagai Kompasianer, hampir tiap hari menulis, dan banyak kawan saling berbagi komentar, sangatlah membahagiakan.

Terlibat dan menjadi bagian Kompasiana sangatlah penting, bila ingin tetap eksis sebagai Kompasianer, menuntaskan kerinduan.

Tak ada cara lain, kecuali menggoreskan seberkas tulisan tentang apa yang mudah dan menarik untuk ditayangkan di Kompasiana. Jangan tunda-tunda berpikir dan ingin menulis yang rumit-rumit, karena pada akhirnya akan lebih lama lagi tercipta tulisan terbaru kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN